26 C
Sidoarjo

Pribadi Prorakyat

Opini:  Catur Oparasyid

PILKADA Sidoarjo tinggal menghitung hari.  Sekitar 120 jam lepas bulan november 2020, seluruh tahapan pencitraan dihentikan. Gambar para paslon dicopot. Trotoar jalan utama sampai menuju kecamatan, desa dan dusun dibersihkan dari alat peraga kampanye (APK). Tidak hanya itu. Media cetak, televisi dan online pun dilarang mempromosikan calon bupati atau wakil bupati.
Tiga hari masa tenang. Rakyat diberi kesempatan  mempertimbangkan nomer berapa yang akan dicoblos. Tanggal 9 Desember 2020  mendatang di bilik suara  ada gambar Nomer 1  Pasangan Bambang Haryo S-Taufiqulbar.  Nomer 2 Pasangan Gus Muhdlor-Subandi.  Nomer 3 Pasangan Kelana Aprilianto-Dwi Astutik.
Ketiga pasangan calon  tersebut telah memperkenalkan diri kepada warga Sidoarjo; sekaligus  memproklamirkan diri sebagai calon kepala daerah yang pantas dipilih.
Ya!  Mereka pantas dipilih. Debat publik di TV lokal Jatim  bisa jadi referensi tambahan bagi warga Sidoarjo  tentukan pilihan. Jangan takut memilih. Siapa pun pilihan di bilik suara, itu hak dan harga diri setiap pribadi. Selayaknya tidak ditukar dengan apa pun.
Bila ingin pemimpin berkualitas; marilah jadi pemilih berkualitas. Begitu pula jika ingin punya pemimpin amanah! Dengarlah suara hati dan renungkan program prioritasnya bukan sekadar titipan yang diselipkan.
Datanglah ke Tempat Pemilihan Suara (TPS) dengan kepala tegak. Bayangkan! Kita sedang ingin membuat keputusan terbaik;  bukan untuk diri sendiri. Bukalah hati dan pikiran dengan tulus iklas karena pilihan kita turut menentukan nasib orang lain. Artinya bila ingin kepala daerah pro rakyat, inilah saatnya kita lakukan. Jadilah pribadi peduli rakyat.
Pilih Siapa? Keren ini! Keren, opo maneh? itu artinya Kewajiban Rakyat Eling Nomer yang dipilih.
Mungkin saat ini,  di hati  setiap pribadi warga Sidoarjo telah tersimpan nama calon bupati dan wakilnya. Bilik suara dan alat tusuk adalah saksi bisu siapa yang dipilih. Namun dibalik itu tak ada yang  tahu berapa ribu orang yang sama pilihannya. (Penulis Buku Sidoarjo)

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x