Kamis, 13 Mei 2021
30 C
Sidoarjo
Kamis, 13 Mei 2021

Gawat! Stok Darah di PMI Surabaya Menipis

- Advertisement -
- Advertisement -

Stok darah di PMI Surabaya menipis pada Kamis (5/11/2020). pada masyarakat luas diharapkan segera mendonorkan darahnya. Demi menjaga ketersediaan darah sekaligus demi kemanusiaan.

dr. Martono Kepala Bagian Pelayanan PMI Kota Surabaya, membenarkan bahwa stok darah saat ini menipis serta jauh dari persediaan normal pada hari-hari biasa.

“Di masa pandemi dalam sehari biasanya kami peroleh sekitar 400 bags darah. Hari ini, catatan kami hanya ada kurang dari 100 bags saja untuk total keseluruhan stok darah. Ini sangat minim, serta butuh segera ditambah, ” terang dr. Martono.

Gawat Stok Darah di PMI Surabaya Menipis
Info stok darah PMI Surabaya. Foto: Humas PMI Surabaya

Dari catatan yang ada, stok darah di PMI Surabaya tercatat hanya 73 kantong. “Itu total seluruh golongan darah, serta catatan pada pukul 07.30, bisa jadi saat ini semakin menipis jumlah persediaan kami, ” tambah dr. Martono.

Demikian halnya dengan ketersediaan plasma konvalesen, ditambahkan dr. Martono saat ini hanya tersedia 14 kantong. Menurutnya jumlah itu sangat jauh di bawah kebutuhan normal sehari-hari.

“Oleh karena itu, kami tetap butuhkan donor sesegera mungkin, karena stok persediaan darah untuk seluruh golongan darah sedang menipis. Sangat menipis,” tegas dr. Martono.

Sementara itu, dr. Martono mengingatkan bahwa meskipun pandemi Covid-19 masih belum Setelah, donor darah tetap aman serta sehat.

“Selain memang pendonor wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, kami juga telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Jadi tidak perlu ragu serta khawatir,” pungkas dr. Martono.(tok/dfn/ipg)

Sumber »

- Advertisement -
Terkini
- Advertisement -
Related news
- Advertisement -