Jumat, 14 Mei 2021
31 C
Sidoarjo
Jumat, 14 Mei 2021

Indonesia Resmi Mencalonkan Diri sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032

- Advertisement -
- Advertisement -

Joko Widodo Presiden menilai, kesuksesan penyelenggaraan Asian Games serta Asian Para Games tahun 2018, menjadi bukti Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik.

Maka dari itu, Indonesia kembali mencalonkan diri sebagai tuan rumah event olahraga bertaraf internasional, Olimpiade tahun 2032.

Dalam rapat kabinet virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, siang hari ini, Rabu (4/11/2020), Presiden menyebut Indonesia harus bersaing dengan sejumlah negara besar seperti Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, China, serta India.

Menurut Jokowi, target menjadi tuan rumah Olimpiade bukan untuk gagah-gagahan. Tapi, untuk meningkatkan citra serta martabat bangsa.

Karena itu, Presiden mengingatkan agar pencalonan tuan rumah Olimpiade jadi momentum untuk melakukan penataan, antara lain terkait infrastruktur, prestasi atlet, serta visibilitas global kota penyelenggara.

” Pencalonan ini harus diikuti dengan perbaikan berbagai hal yang selama ini masih kurang, mulai dari penyiapan infrastruktur keolahragaan, kemudian yang berkaitan dengan prestasi atlet, peningkatan visibilitas global sebagai kota penyelenggara, serta sebagainya,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden menyebut Komite Olimpiade Internasional (IOC) sudah menetapkan norma baru untuk tuan rumah Olimpiade yang lebih sederhana serta hemat biaya.

Dengan norma baru, Olimpiade bukan lagi untuk menunjukkan kemewahan tuan rumah, tapi menitikberatkan kreativitas serta inovasi dalam mengimplementasikan norma baru pascapandemi Covid-19.

Dalam forum rapat kabinet, Presiden meminta Kementerian Pemuda serta Olahraga, serta  pihak-pihak terkait menyiapkan peta jalan pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032.

Sekadar informasi, tuan rumah Olimpiade 2032 akan ditetapkan tahun 2024. Proses seleksi rencananya dimulai paling lambat tahun 2023.(rid/dfn)

Sumber »

- Advertisement -
Terkini
- Advertisement -
Related news
- Advertisement -