Jumat, 14 Mei 2021
28 C
Sidoarjo
Jumat, 14 Mei 2021

Pastikan Bebas Limbah B3, Dinas LH Sidak PT IMLI

- Advertisement -
- Advertisement -

PASURUAN () – Keberadaan pabrik PT Indra Eramulti Logam Industri (IMLI) di Desa Dayu Rejo, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, menjadi sorotan terkait informasi PT IMLI membuang limbah Bahan Berbahaya serta Beracun (B3) secara sembarangan.

Informasi tidak sedap ini segera diendus Kepala Desa Dayu Rejo, Wahono. Bersama tim dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Pasuruan melakukan survei lapangan serta sidak ke pabrik yang dikabarkan melakukan pelanggaran.

“Saya selaku Kades ikut prihatin dengan pemberitaan serta informasi yang sengaja dimunculkan untuk membuat resah. Untuk itulah, saya meminta petugas dari Lingkungan Hidup untuk datang sendiri ke pabrik serta mengecek fakta di lapangan,” ungkap Wahono, pada beberapa media, termasuk group siberindo.co, Senin (2/11/2020).

Menurut Wahono, sebelumnya tersiar berita, kalau PT IMLI membuang limbah B3 di Desa Dayu Rejo, Prigen, Pasuruan. “Ternyata, hasil dari verifikasi lapangan oleh Dinas LH Kabupaten Pasuruan bersama perangkat Desa, tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh pabrik,” lanjutnya.

Wahono kembali memastikan, bahwa di wilayah Desa Dayu Rejo, dari dulu tidak ada pembuangan limbah B3. Dibenarkan oleh Kades, kalau berita yang sudah terlanjur tersebar sempat membikin pihak pabrik mengundang tokoh masyarakat serta pihak terkait.

Mengenai dengan hasil peninjauan lapangan, tim Dinas LH menyatakan bahwa PT IMLI ini ialah perusahaan resmi serta tidak mungkin membuang limbah B-3 sembarangan.

“Kami pun memberikan pernyataan bahwa pemberitaan yang beredar ternyata hanya fitnah serta hoaks belaka. Kami sudah cek serta melakukan simple di lapangan terhadap air sumur serta pembuangan air, jika ada yang terkomtaminasi,” jelas Anam dari tim verifikasi Dinas LH.

Sebagaimana berita salah satu media online pada 15 November lalu, – limbah bahan berbahaya serta beracun (Limbah B3) sludge timah sisa hasil produksi PT IMLI, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur timah hitam batangan di wilayah Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, dibuang ilegal ke lahan warga Desa Dayu Rejo Kecamatan Prigen.

Tentu saja dibantah oleh Rus Abdisalam Asmen HSE IMLI, bahwa peleburan timah hitam serta limbah B3-nya ditanggani sesuai dengan peraturan pemerintah no 101 tahun 2014 tentang Pengolahan Limbah B3. “Silakan dibuktikan kalau memang kami melanggar,” paparnya.

Menurut Ferry Is Mirza, Media Officer serta Legal PT IMLI, apa yang disebutkan media sosial (medsos) serta online bahwa pembuangan limbah B3 diangkut dengan dump truck PT Agung Barokah, merupakan kebohongan publik serta mempunyai resiko hukum.

“Kami sedang mengkaji dengan tim Hukum, tentang adanya berita hoks, fitnah serta kebohongan publik ini. Yang jelas, melanggar kode etik jurnalistik serta UU Pers No. 40 /1999 tentang Pers. Ada konsekuensi hukumnya,” ungkap Ferry Setelah pertemuan di Desa Dayu Rejo, kemarin. (fim/ jtm-1)

Sumber »

- Advertisement -
Terkini
- Advertisement -
Related news
- Advertisement -