Sabtu, 15 Mei 2021
29 C
Sidoarjo
Sabtu, 15 Mei 2021

DPR Berharap Indonesia Bisa Bantu Turki Pascagempa

- Advertisement -
- Advertisement -

Abdul Kharis Almasyhari Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI mengucapkan bela sungkawa serta duka cita yang mendalam atas musibah gempa bumi berkekuatan magnitudo 7 SR yang melanda lepas pantai Turki barat pada Jumat (30/10/2020), berdasarkan Survei Geologi AS.

“Kami sangat berduka serta turut berbelasungkawa atas musibah gempa serta tsunami yang menimpa Rakyat Turki. Kami ingat betul bagaimana Turki banyak membantu kita saat musibah gempa serta tsunami di Aceh, semoga Allah SWT memberikan kesabaran serta kekuatan untuk semua Korban serta Semua Rakyat Turki,” ujar Kharis dalam keterangan tertulis pada Media, Selasa (3/11/2020).

Dia meminta agar pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri sebagai Mitra Komisi 1 DPR RI terus melakukan pengecekan terhadap WNI yang ada di Turki serta segera berkomunikasi dengan Pemerintah Turki terkait bantuan apa yang bisa Indonesia berikan.

“Tentu tidak mudah mencari informasi siapa saja korban asal Indonesia yang kena musibah ini, namun saya berdoa semoga tidak ada WNI yang menjadi korban dalam musibah ini,” harap Kharis.

Dikabarkan sejumlah media gempa juga terasa di Yunani termasuk ibu kota Athena.

“Saya berharap Kemenlu segera membuat saluran emergency serta komunikasi darurat di Turki serta Yunani untuk memantau WNI kita yang ada di kedua negara sehingga lewat satu pintu kita semua bisa memantau setiap perkembangan serta penangannya. Semoga kita juga bisa membantu negara sahabat kita ini mengingat besar serta luasnya dampak dari musibah,” pungkas Kharis.

Sementara KBRI Ankara di Turki menyebutkan, sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban gempa bumi di wilayah Aegean, Turki ini.(faz/iss)

Sumber »

- Advertisement -
Terkini
- Advertisement -
Related news
- Advertisement -