Jumat, 14 Mei 2021
31 C
Sidoarjo
Jumat, 14 Mei 2021

Buruh Ancam Aksi Demo Besar-Besaran Bila Tuntutan Tidak Terpenuhi

- Advertisement -
- Advertisement -

SURABAYA – Buruh ancam akan melakukan aksi demo besar-besaran serta menutup akses yang ada jika pemerintah tidak juga memenuhi tuntutan yang disampaikan dalam demo, Selasa (27/10/2020) di depan Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan Surabaya.

Perwakilan aksi, Edy Supriyantono meminta pada pemerintah untuk segera mencabut Omnibus Law, kemudian menuntut diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU).

“Pencabutan UU Omnibus Law Cipta Kerja (Ciker) serta pemerintah segera menerbitkan Perpu,” kata Edy saat diwawancarai media seperti dikutip petisi.co, PortalSidoarjo.com mengutip dari siberindo.co.

Edy juga menegaskan jika tuntutan massa tidak dipenuhi oleh pihak pemerintah, maka aksi serupa akan terus dilaksanakan. Bahkan, bakal melakukan penutupan pada sejumlah akses yang ada.

“Ancaman yang kita lakukan akan terus aksi, kalau memang memungkinan untuk menutup semua akses-akses yang ada. Karena kalau tidak melakukan gini pemerintah tidak memperdulikan kita,” tambahnya.

Sementara demo tolak Omnibus Law yang diikuti ribuan massa gabungan yang berasal dari sejumlah serikat seperti SPSI, KSPI, federasi-federasi, ada SPLM menyuarakan penolakan atas disahkannya UU Sapu Jagat oleh pemerintah pusat bersama DPR RI.

Selain itu juga meminta Menteri Ketenagakerjaan perihal surat edaran terbaru mengenai kenaikan upah minimum kabupaten atau kota. Kemudian pemerintah diharapkan lebih tanggap terhadap permasalahan yang ada.

“Dimana isinya tidak memperbolehkan ada kenaikan UMK pada tahun 2021, jadi tetap seperti 2020. Kemudian untuk yang lainnya, kita minta pada pemerintah untuk lebih responsif terhadap permasalahan yang ada,” jelasn Edy.

“Ya menurut kami yang jelas itu salah, karena di dalam UU menyatakan bahwa pergantian tahun pasti ada usulan terhadap UMK yang didasari sesuai kesepakahan surat edaran pemerintah tentang kebutuhan hidup layak,” imbuhnya. (nan)

Sumber »

- Advertisement -
Terkini
- Advertisement -
Related news
- Advertisement -