Jumat, 14 Mei 2021
31 C
Sidoarjo
Jumat, 14 Mei 2021

Tim Swab Hunter Salah Satu Upaya Mempercepat Pemutusan Mata Rantai Covid-19

- Advertisement -
- Advertisement -

SURABAYA – Keberadaan tim swab hunter yang rutin berkeliling wilayah Kota Surabaya untuk menjaring para warga pelanggar protokol kesehatan, salah satu upaya mempercepat pemutusan mata rantai Covid-19. Para pelanggar yang terjaring langsung menjalani tes swab di puskesmas wilayah sekitar.

“Swab hunter dilaksanakan di seluruh kecamatan di pagi hari maupun malam hari,” kata Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara seperti dikutip petisi.co, PortalSidoarjo.com mengutip dari siberindo.co.

Tim swab hunter sebagai cara penanganan melalui upaya promotif serta preventif pada warga. Selain itu sosialisasi protokol kesehatan (prokes) di RT RW semakin kita masifkan untuk menjaga bagaimana tetap kondusif.

Meski begitu, warga Surabaya juga tetap diimbau untuk tidak melanggar protokol kesehatan (prokes) serta menghindari aktivitas (3C), yaitu close room, close distancing, serta crowded. “Yakni tidak berada di ruang tertutup, jangan berada dengan jarak dekat serta jauhi keramaian,” tambah Febri.

Febri juga menyebut bahwa upaya penangan juga turut melibatkan sejumlah pihak, seperti Babinsa, Kamtibmas, karang taruna, hingga ibu-ibu yang tergabung di dalam PKK wilayahnya masing-masing.

“Karena tidak bisa penanganan hanya sekedar dari petugas pemkot (Surabaya), maupun polisi serta TNI,” jelasnya.

Setidaknya dengan upaya yang dilakukan sudah ada puluhan kelurahan yang tak mengalami penambahan angka kasus lagi. Berdasarkan data per tanggal 21 Oktober 2020 ada 63 Kelurahan di Surabaya yang dinyatakan nol kasus. Kini data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, per tanggal 25 Oktober 2020 jumlah itu bertambah menjadi 69 wilayah kelurahan yang dinyatakan nol kasus.

Selain itu, pihak Pemkot Surabaya juga mengoptimalisasi Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo yang melibatkan warga dalam upaya penanganan Covid-19 hingga tingkat bawah.

“Terutama kalau ada yang diisolasi mandiri di rumah juga butuh pembinaan serta pemahaman dari para relawan maupun petugas Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo yang terus diberikan pengetahuan oleh Satgas Kecamatan,” pungkas Mantan Kepala Satpol PP Kota Surabaya itu. (nan/petisi.co)

Sumber »

- Advertisement -
Terkini
- Advertisement -
Related news
- Advertisement -