Kamis, 13 Mei 2021
30 C
Sidoarjo
Kamis, 13 Mei 2021

Pecegahan Radikal Terorisme serta Paham ISIS, Kepala BNPT Kunker ke Yayasan Lingkar Perdamaian

- Advertisement -
- Advertisement -

LAMONGAN – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Kerja Komjen Pol Dr. Boy Raffi Amar, SH., MH. melaksanakan kunjungan kerja di Yayasan Lingkar Perdamaian berada di Desa Tenggulun Kecamatan Solokuro dalam rangka kegiatan intelijen pencegahan radikal terorisme serta paham ISIS di wilayah Jawa Timur, Rabu (21/10)

Dengan penanggung jawab kunjungan kerja Mayjen TNI Untung Budiharto, Sekretaris Utama BNPT) yang dihadiri sekitar 100 orang. Komjen Pol Dr. Boy Raffi Amar mengatakan, bahwa proses reintegrasi para ihwan yang telah menjalani di lembaga pemasyarakatan. Ia menyampaikan ucapkan terima kasih atas kemampuan serta keinginan mengajak para ihwan bisa melakukan aktivitas normal dengan masyarakat serta meningkatkan perekonomiannya.

Dia menjelaskan, dalam mendirikan yayasan serta koperasi bekerjasama dengan kementerian ataupun pemerintah daerah karena mantan napiter perlu adanya suports dalam kemandirian baik peternakan ayam yang sangat potensial didaerah nantinya akan bekerja sama dengan kementerian bidang peternakan.

“Peluang sangat prospektif sekali, baik bidang pertanian serta peternakan dalam meningkatkan perekonomian di masa pandemi Covid 19, karena merupakan kebutuhan hidup orang banyak,” tambahnya.

Pihaknya akan mendorong kementerian maupun BUMN untuk membantu dalam perekonomian. “Saya akan mengangkat bidang agro dengan menggunakan lahan negara yang belum digunakan dengan sinergitas propinsi maupun kementerian di wilayah jawa timur,” ucapnya.

Dengan wujud nyata bidang perekonomian, kata Boy Raffi akan menyertakan para Ihwan dengan kegiatan penyuluhan serta BNPT memberikan semangat kepara para Ihwan untuk menatap kesejahteraan diri sendiri, keluarga serta masyarakat umum.

Dalam kesempatan tersebut Boy Raffi menyampaikan ucapan terima kasih pada yayasan Lingkar Perdamaian telah mencari dukungan pada para ihwan dalam mencukupi kebutuhan dengan pekerjaan dengan hidup bermartabat menjalani norma norma yang ada di Indonesia.

“Mantan eks napiter serta BNPT bekerja keras agar mereka dapat beraktifitas secara normal baik yang telah cacat badannya, Indonesia perlu melakukan kearifan dengan kegiatan belanegara dengan partisipasi meningkatkan perekonomian,”ungkapnya

Boy Raffi menambahkan, berjuang demi kepentingan negara memberikan manfaat pada diri sendiri serta keluarga, dengan belanegara kita hormati tanah air kita Indonesia. “Dimasa pandemi Covid 19 kita jaga kesehatan agar diri kita serta keluarga terbebas dari Covid 19,” tukasnya.

Ketua Yayasan Lingkar Perdamaian Ustadz Ali Fauzi Manzi menjelaskan, bahwa kegiatan deradikalisme diawali dari perubahan pada diri sendiri serta proses deradikalisasi perlu adanya suport baik material beasiswa, serta proses mencari kerja.

“Bahwa terorisme awalnya dari rasa tidak senang dengan pemerintah baik polri maupun TNI. Lingkar Perdamaian hadir untuk menciptakan rasa cinta pada polri, TNI, dengan rasa toleransi serta islam ramah,” terangnya.

Menurutnya Yayasan lingkar perdamaian dalam program deradikalisasi perlu adanya pendampingan serta pemberdayaan dengan mitra BNPT sebagai duta perdamaian ke Lapas, tempat pendidikan serta ke pondok pesantren.

“Mohon doa tahun depan akan kami membangun mahad Ali agar anak-anak mantan napiter yang tidak mampu sekolah nantinya dapat kuliah disini dengan gratis. Banyak anggota napiter yang hadir disini serta insyaf berkat pendekatan kami maka perlunya pemikiran yang baik untuk kehidupan yang akan datang,” pungkasnya.

Sementara itu kegiatan kunjungan kerja BNPT dalam rangka kegiatan intelijen pencegahan radikal terorisme serta paham ISIS di wilayah Jawa Timur dihadiri Komjen Pol Dr. Boy Raffi Amar, SH., MH. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT), serta Mayjend TNI Hendri Paruhuman Lubis Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan, serta Deradikalisasi.

Kemudian Inspektur BNP Buntoro Ak. M. Ak, Brigjen Pol. Ahmad Nurwahid Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol Herman Chaidir Direktur Perlindungan BNPT, Prof. Dr. Irfan Idris, MA Direktur Deradikalisasi BNPT serta Bangbang Surono, Ak Kepala Biro perencanaan hukum serta humas BNPT. Hadir pula Bupati Fadeli , Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono, Kapolres AKBP Harun, Mayor Arh. GN. Putu Ardana.S.S Kasdim 0812/Lamongan serta Drs. Heri Pranoto,MM Pjs. Sekda Kabupaten Lamongan.

(Zainul/RadarBangsa.co.id)

Sumber »

- Advertisement -
Terkini
- Advertisement -
Related news
- Advertisement -