Rabu, 21 Oktober 2020
32.1 C
Sidoarjo
Rabu, 21 Oktober 2020

Wisuda ke 122 ITS Dimeriahkan Arak-arakan Virtual

Kemeriahan prosesi Wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ke 122 tetap terasa mengesankan, di tengah pandemi Covid-19 ini karena kelulusan mahasiswa Sabtu (17/10/2020) dimeriahkan arak-arakan wisuda secara virtual.

Pada wisuda semester gasal yang terbagi menjadi empat sesi ini dimulai pada 17-18 Oktober serta berlanjut pada 24-25 Oktober mendatang. Pada sesi pertama, ITS meluluskan sebanyak 734 wisudawan dari Fakultas Teknologi Industri serta Rekayasa Sistem (FT-IRS). Sesi kedua, diikuti 676 wisudawan dari Fakultas Teknik Sipil Perencanaan serta Kebumian (FT-SPK) serta Fakultas Vokasi (FV).

Dilanjutkan pada sesi ketiga diikuti 731 wisudawan dari Fakultas Teknologi Elektro serta Informatika Cerdas (FT-EIC) serta Fakultas Desain Kreatif serta Bisnis Digital (FDKBD). Hari terakhir, diikuti oleh wisudawan asal Fakultas Sains serta Analitika Data (FSAD) serta Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) sejumlah 692 wisudawan, serta 33 wisudawan dari Program Profesi Insinyur (PPI).

Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng., Rektor ITS mengungkapkan, kali ini ialah pagelaran wisuda yang istimewa. “Pada wisuda kali ini, para wisudawan dapat merayakan kelulusan bersama keluarga serta sahabat di rumah masing-masing serta ini tentunya merupakan hikmah bagi kita semua di tengah-tengah pandemi Covid 19,” terang Ashari sapaan Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng.

Baca juga :  Pemerintah Tambah Anggaran untuk Penanganan Pandemi Covid-19

Ashari juga mendoakan agar masa depan cerah menanti seluruh wisudawan ITS ke-122 ini. Turut pula memberikan sambutan secara virtual, Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi PP Ikatan Keluarga Alumni (IKA) ITS Januar Setyo Widodo ST MM.

Sebagai perwakilan IKA ITS, Januar mengucapkan selamat bergabung dengan keluarga besar alumni ITS pada seluruh wisudawan ke-122 ini. “Semoga hal ini akan memperkuat kontribusi IKA ITS pada almamater, bangsa, serta negara,” kata Januar alumnus yang menjabat Strategic Investment Project Leader Telkom Group ini.

Tidak hanya sekedar melaksanakan pesta kelulusan, pada serangkaian wisuda ITS kali ini terdapat program bernama Wisuda Berbagi. Ini merupakan bentuk rasa syukur atas terselenggaranya wisuda tahun ini.

Baca juga :  Cara Untag Bangkitkan Kegotongroyongan, Lewat Donasi Bantu Warga Terdampak Covid-19

Satu diantara bentuk rasa syukur tersebut ialah dengan mengajak seluruh wisudawan beserta sivitas akademika ITS untuk membantu anak-anak di daerah Jombang, Surabaya, serta Bojonegoro yang kekurangan akses belajar di masa pandemi ini.

serta tidak lupa bahwa wisuda kali ini mengusung ide baru yaitu arak-arakan wisudwan secara virtual dengan menggunakan media permainan minecraft. Hal ini merupakan wadah untuk melanjutkan tradisi dari tahun ke tahun sebagai bentuk selebrasi wisuda ITS.

Pihak kampus sendiri menyediakan media menggunakan Zoom serta juga bekerja sama dengan komunitas Kakatoa Games Network untuk menyediakan media minecraft.

Alifa Izzan Akhsani, satu di antara wisudawan yang juga merupakan koordinator dari program ini menjelaskan bahwa wisudawan yang berminat mengikuti arak-arakan wisuda minecraft telah diberikan akses ke dunia minecraft Kampus ITS.

Baca juga :  Pemda Mojokerto Lakukan Penyekatan Malam untuk Antisipasi Penyebaran Covid-19 yang Kian Masif

Akses yang diberikan berskala 1:1, yang mana dibuat oleh tim dari komunitas serta mahasiswa baru ITS 2020 melalui channel khusus sehingga mereka bisa melakukan tradisi arak-arakan tanpa diganggu pihak luar kampus.

Pemuda yang akrab disapa Izzan ini menambahkan, komunitas Kakatoa Games Network menyiapkan beberapa hal baru. “Kami menyediakan fitur khusus untuk moment wisuda serta arak arakan, yakni ada fitur sewa kendaraan wisuda serta juga tempat untuk swafoto di kampus,” papar Izzan.

Wisuda ke 122 kali ini, ITS meluluskan total 2.866 mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan, yakni Diploma (D3 serta D4), Sarjana (S-1), Magister (S-2), Doktor (S-3), serta Program Profesi Insinyur (PPI). Dari total wisudawan tersebut, sebesar 28 persen atau sebanding dengan 730 mahasiswa berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Istimewanya, 119 wisudawan atau sebanyak 32 persen yang mendapat predikat cumlaude merupakan penerima beasiswa Bidikmisi. (tok/dfn)

Sumber »

Komentar

Terkini

Hudiyono
Hudiyono

Jangan Lewatkan