32 C
Sidoarjo
BerandaJatimJangan Lupa Tetap Jalankan Imunisasi Meski di Tengah Pandemi

Jangan Lupa Tetap Jalankan Imunisasi Meski di Tengah Pandemi

Sekalipun pandemi imunisasi rutin harus jalan terus.

“Ini tidak boleh terjadi, jika cakupan imunisasi turun maka kita akan menghadapi outbreak (wabah) di tengah pandemi Covid-19. Imunisasi rutin harus tetap berjalan,” kata dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam serta Vaksinolog dalam forum dialog ‘Lindungi Diri Saat Pandemi’ yang diselenggarakan di Media Center Komite Penanganan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Sabtu (17/10/2020).

Menurutnya, Kementerian Kesehatan sudah menyusun berbagai macam protokol kesehatan dalam pelayanan imunisasi rutin. Misalnya pengaturan kedatangan, penggunaan masker, pembatasan sosial, petugas kesehatan memakai Alat Pelindung Diri (APD), hingga inovasi yang sudah dijalankan saat ini.

“Ada vaksinasi drive thru, ada (petugas) yang ke rumah. Keluarga kita harus mendapatkan imunisasi di masa pandemi. (Kita harus sadar) bahwa imunisasi ialah tanggung jawab sosial, bukan soal melindungi diri sendiri,” katanya, dalam keterangan yang dirilis dalam situs covid19.go.id.

Imunisasi rutin pun diakuinya tidak hanya dilakukan untuk balita serta anak-anak, tetapi juga orang dewasa.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, serta menjaga jarak untuk pencegahan virus Covid-19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.(dfn)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x