29 C
Sidoarjo
BerandaJatimTahapan Kesiapan Proses Belajar Tatap Muka di Surabaya

Tahapan Kesiapan Proses Belajar Tatap Muka di Surabaya

Beberapa sekolah di lima wilayah di Surabaya sudah dilakukan uji assessment oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Hasilnya, dari 21 SMP Negeri serta Swasta di Surabaya yang akan dijadikan uji coba belajar tatap muka, hanya SMPN 1 Surabaya yang protokol kesehatannya dapat diterapkan. Hal ini disampaikan oleh Febriadhitya Prajatara Kabag Humas Pemkot Surabaya, saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Jumat (16/10/2020).

“Di sana secara ruangan sudah oke, ventilasi terbuka, serta didukung wastafel kemudian kamar mandinya juga sudah ditata. Terutama jarak serta ventilasi udara, juga cahaya mataharinya,” kata Febri.

Pemkot Surabaya tidak hanya mempersiapkan sarana serta prasarana sekolah, tetapi juga tenaga pendidik serta operasional di sekolah.

Selama beberapa bulan terakhir, Pemkot Surabaya intens melakukan tes usap atau tes swab pada pendidik-pendidik SD serta SMP Negeri maupun Swasta.

“Baru kemarin sejumlah 14226 pendidik SD yang sudah dilakukan swab, serta posisi yang aktif sudah sembuh. Sekarang kami fokuskan terhadap pendidik SMP. Sudah 700an yang dilaksanakan swab dari jumlah 7000 pendidik SMP negeri serta swasta,” imbuhnya.

Setelah melakukan tes usap pada seluruh pengajar SD serta SMP, tahapan yang selanjutnya akan dilakukan oleh Pemkot Surabaya ialah tes swab pada siswa-siswi.

“Nanti kalau sudah di assessment lagi, akan kami rapatkan dengan tim satgas serta ahli epidemologi. Kira-kira sekolah mana yang bisa dilakukan uji coba. Akan kami lanjutkan swab ke murid-murid yang akan melakukan uji coba sekolah tatap muka,” jelas Febri.

Kata Febri, bukan hanya pada murid, orang tua murid pun juga akan dilakukan swab. Karena ketika murid-murid mengikuti belajar tatap muka, salah satu syaratnya ialah mendapat persetujuan dari orang tua.

“Di masa pandemik ini kan keyakinan orang tua berbeda-beda. Ini kami kembalikan ke orang tua. Kami tidak bisa memaksakan agar anaknya ikut belajar tatap muka,” ucapnya. (dfn)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x