32 C
Sidoarjo
BerandaJatimSpellbound Podcast Storytelling, Abdimas Mahasiswa UK Petra di Pandemi Covid-19

Spellbound Podcast Storytelling, Abdimas Mahasiswa UK Petra di Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 mengubah segalanya, termasuk konsep pembelajaran Pengabdian Masyarakat (Abdimas) di kampus UK Petra. Ketika gagasan lama harus ditinggalkan, para dosen harus jeli melihat peluang baru. Selama September 2020 setiap hari Jumat, mahasiswa serta alumni Program English for Creative Industry (ECI) UK Petra menghadirkan abdimas secara daring yaitu Spellbound storytelling podcast for children.

Meilinda, M.A., dosen ECI sekaligus ketua proyek Abdimas ini menyampaikan bahwa gagasan ini muncul ketika melihat kondisi pembelajaran jarak jauh (PJJ) saat ini. “Bersama dengan rekan dosen, saya ingin melakukan sesuatu yang bisa membantu para pendidik SD memberikan pelajaran Bahasa Inggris dengan cara yang menghibur namun mengena. Namun karena podcast ini berupa cerita-cerita Bahasa Inggris serta nantinya bisa diakses publik, podcast ini bisa digunakan juga oleh masyarakat yang lebih luas, termasuk para orang tua yang mencari hiburan yang bermutu untuk anak-anaknya.”

Menggandeng Petra Little Theatre (PLT) milik ECI, tim Abdimas menghadirkan 10 cerita anak berbahasa Inggris yang merupakan karya sembilan mahasiswa kelas Writing Childrens Literature di ECI.

Cerita-cerita tersebut kemudian diubah menjadi versi story telling oleh para anggota PLT. Pendanaan proyek ini didukung oleh hibah internal abdimas UK Petra.

Tim produksi serta aktornya merupakan 20 mahasiswa yang tergabung di PLT. Di minggu pertama serta keempat kami akan unggah 3 cerita sedangkan pada minggu kedua serta ketiga akan unggah dua cerita. Ditayangkan di Spotify, Youtube, serta Google Podcast, urai Jessie Monika, S.S., Marketing Manager PLT, Selasa (15/9/2020).

Saat ini podcast sudah memasuki minggu kedua. Dua tema utama mewarnai podcast ini yaitu proses mengenal diri sendiri serta kemampuan menerima perbedaan. Melalui dua tema ini, cerita-cerita ini diharapkan bisa membantu anak dalam mengembangkan diri serta bertoleransi di dalam kehidupan sosialnya.

Daftar lengkap cerita anak yang masing-masing berdurasi sekitar 7 hingga 8 menit ini ialah The Silent Treatment (Cherine Angelica Limina), Clara, Celia and The Big Changes (Joanna), Gigantic Jill (Emily Abigail), Gilbert’s Journey to The Upper Sea (Angelica Livianita Setianto), Karuttas New Friends (Angeline Noviani), The Tampah of Wonders (Maria Olivia Laurent), The Other Joe (Jeffry), Whiny Andys Wishes (Emily Abigail), What To Do, Jane? (Maria Viola Win) serta Yang Mi (Fayola Isabelle Hartanto).

Seperti semua hal yang layak diperjuangkan, pembuatan podcast ini juga mengalami cukup banyak tantangan. Kami mengerjakannya di rumah masing-masing. Otomatis pemberian instruksi kerja melalui pesan teks atau pesan suara. Tak jarang penerima pesan bisa salah memahami instruksi. Jika sudah salah, maka harus direkam ulang. Ditambah ada yang hanya bisa rekaman di malam hari, agar tidak kena noise suara dari luar rumah. Sementara kesibukan tiap tim bervariasi,” pungkas Jessica Azalea, seorang alumni ECI UK Petra yang bertugas sebagai Koordinator Artistik.(tok/lim)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x