32 C
Sidoarjo
BerandaPilkada Serentak 202014 MWC NU Sidoarjo Belum Tentukan Sikap di Pilkada 2020

14 MWC NU Sidoarjo Belum Tentukan Sikap di Pilkada 2020

SIDOARJO – Pernyataan salah satu Bakal Calon Bupati Sidoarjo yang secara terang-terangan meminta agar kader nadhlatul ulama (NU) di daerahnya ikut mendukung pencalonan dirinya, mulai mengundang reaksi dari kalangan tokoh NU di daerah itu.

H Khuzaini Syakar selaku koordinator 14 MWC di Sidoarjo, secara tegas menyatakan, sampai sejauh ini warga NU belum menentukan sikap terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020. “Belum menentukan sikap mau mendukung pasangan calon (paslon) mana pun,” ujar H Khuzaini, Selasa (8/9).

Penegasan tokoh NU asal Kecamatan Jabon itu menanggapi pernyataan Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) yang berpasangan dengan Subandi pada salah satu media cetak terbitan Surabaya. Dalam pernyataannya, Gus Muhdlor yang mendapatkan rekomendasi dari PKB menyatakan dirinya mendapat amanat dari DPP untuk kembali memenangkan pemilihan kepada daerah di Sidoarjo.

Untuk itu, dia meminta semua komponen mulai dari tingkat desa sampai kabupaten untuk ikut membantu memenangkan pemilihan kepada daerah di Sidoarjo. Ditegaskan pula, peran semua komponen untuk ikut membantu kemanangan adalah harga mati, Semua harus ikut membantu, termasuk NU.

Pernyataan Gus Muhdlor yang membawa-bawa nama NU itu, sempat disayangkan kalangan tokoh NU di Sidoarjo. Diakui H Khuzaini, PKB memang dilahirkan oleh NU. Namun, kata dia, bukan berarti secara serta merta warga NU mutlak harus memberikan dukungannya PKB dalam hal berpolitik.

“Secara kelembagaan, MWC NU kan memang tidak boleh dukung mendukung dalam hal politik. Sampai sat ini, NU dengan skikap semula untuk tetap kembali ke khittoh. “warga NU sendiri juga belum menentukan sikap akan memberikan suaranya kepada pasangan calon yang mana. Masih terlalu pagi,” tegas H Khuzaini sekali lagi.

H Khuzaini mengaku menjadi koordinator 14 MWC dari 18  MWC yang ada di Sidoarjo. Empat MWC yang diluar kelompok yagn dimonitori adalah MWC  Waru, Kota Sidoarjo, Candi, dan MWC Tanggulangin. (mu/ari)

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x