26 C
Sidoarjo
BerandaJatimHoax The Simpsons Sudah Prediksi Ledakan Beirut

Hoax The Simpsons Sudah Prediksi Ledakan Beirut

Sebuah ledakan besar mengguncang Beirut, Lebanon, pada 4 Agustus 2020. Hingga Minggu (9/8/2020), sebanyak 154 orang dilaporkan meninggal serta ribuan orang terluka akibat ledakan itu.

Sehari setelah kejadian naas itu berlangsung, seorang pengguna Twitter mengunggah cuitan dengan narasi sebagai berikut: “Ledakan pabrik kembang api di pelabuhan Beirut Lebanon sudah pernah diprediksi oleh The Simpson”.

The Simpsons ialah serial kartun komedi Amerika Serikat, menceritakan kehidupan keluarga Simpsons, yang terdiri dari dari Homer, Marge, Bart, Lisa serta Maggie.

Dalam unggahannya, pemilik akun Twitter tersebut juga menyematkan sebuah video. Cuplikan gambar dalam video itu menampilkan Homer Simpsons, karakter utama The Simpsons, yang sedang membeli bahan peledak di sebuah toko.

Adegan berikutnya, Homer memanaskan sumbu bahan peledak itu di kompor yang kemudian terjadi ledakan masif, layaknya yang terjadi di Pelabuhan Beirut.

Video berdurasi 22 detik itu pada Minggu, telah ditonton sebanyak 173 ribu kali, mendapatkan 3.500 komentar, serta dibagikan ulang oleh seribu pengguna Twitter lainnya.

Namun, benarkah serial “The Simpsons” sudah prediksi ledakan Beirut?

Penjelasan

Dari hasil penelusuran Snopes.com, lembaga pengecek fakta di Amerika Serikat, ditemukan video yang disebar di Twitter itu ialah gabungan cuplikan gambar dari dua episode The Simpsons yang berbeda.

Video tersebut merupakan potongan gambar dari episode The Simpsons berjudul “Illegal Fireworks (Summer of 4 Ft. 2)” serta video “The Ned Zone (Treehouse of Horror XV)”.

Mengacu pada laporan turnbackhoax.id, pada video “Illegal Fireworks”, adegan yang sebenarnya terjadi ketika Homer menyulut sumbu peledak di kompor, ialah Homer panik, mondar-mandir di dapur lalu melempar peledak tersebut ke dalam kulkas.

Tidak sampai di sana saja. Homer mengambil peledak itu kembali serta meletakkan di mesin pencuci piring. Ledakan dahsyat tidak terjadi. Peledak itu hanya menyebabkan mesin pencuci piring serta saluran air di wastafel rusak.

Sementara ledakan besar di bagian akhir video di sumber klaim, ialah adegan di film The Simpson “The Ned Zone (Treehouse of Horror XV)” yang salah satunya diunggah kanal Youtube Shahan Ali pada Mei 2012.

Dalam video tersebut, ledakan besar itu terjadi karena Homer menekan tombol penghancur dengan lidahnya, menyebabkan pembangkit listrik meledak serta sebagian besar pusat Springfield hancur.

Dengan kata lain, video itu telah mengalami proses penyuntingan, serta direkayasa agar terlihat mirip dengan ledakan masif di Beirut.(ant/tin)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x