26 C
Sidoarjo
BerandaJatimHingga Hari ke 2, Pendaftar Jalur SKM ITS Capai 213 Peserta

Hingga Hari ke 2, Pendaftar Jalur SKM ITS Capai 213 Peserta

Pendaftaran mahasiswa baru jalur Seleksi Kemitraan serta Mandiri (SKM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dibuka secara resmi sejak Senin (3/8/2020), serta hingga hari kedua Selasa (4/8/2020) telah tercatat 213 pendaftar serta 45 di antaranya telah finalisasi.

Pendaftaran jalur SKM ITS ini dijadwalkan berlangsung sampai dengan Sabtu (22/8/2020)mendatang. Dr Eng Unggul Wasiwitono S.T., M.Eng., Sc., menyampaikan bahwa target dari penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SKM ini tidak lain ialah untuk menjaring calon mahasiswa yang berkualitas serta meningkatkan kerja sama serta pemerataan kesempatan bagi calon mahasiswa.

Dalam pelaksanaanya, program SKM ITS terbagi menjadi dua jenis, yakni Seleksi Kemitraan serta Seleksi Mandiri. Seleksi Kemitraan diperuntukkan calon mahasiswa yang merupakan utusan instansi mitra yang mempunyai nota kesepahaman (kerja sama) dengan ITS. “Sedangkan seleksi Mandiri, diperuntukkan bagi masyarakat umum yang berminat,” terang Unggul Wasiwitono yang juga dosen Departemen Teknik Mesin ini.

Ditambahkan Dr Siti Machmudah S.T., M.Eng., Direktur Pendidikan ITS dengan melihat dari peluang penerimaan mahasiswa melalui jalur SKM, antusiasme peserta sangat tinggi setiap tahunnya. “Bisa dilihat selama dua hari ini, pendaftar sudah mencapai 213, dengan rincian 168 mendaftar belum finalisasi serta 45 sisanya sudah,” kata Siti Machmudah.

Mekanisme seleksi masuk jalur SKM sendiri, lanjut Machmudah dapat diikuti oleh pendaftar dari SMA/MA/SMK sejenis lulusan tahun 2018, 2019 serta 2020. “Seleksi SKM ITS akan didasarkan pada nilai UTBK tahun 2020 atau nilai Tes Kemampuan Akademik ITS, nilai rapor, deskripsi diri serta prestasi lainnya,” lanjut Machmudah.

Khusus untuk peminat program studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual serta Desain Interior dari Fakultas Desain Kreatif serta Bisnis Digital, tambah Machmudah wajib mengunggah portofolio. “Pengerjaan portofolio sendiri dijadwalkan pada tanggal 21 Agustus, di mana peserta akan diberikan soal pada tanggal tersebut,” ujar Machmudah.

Selain itu, peserta juga harus mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) ITS yang dilaksanakan secara daring. Tes ini digunakan untuk menilai potensi serta kemampuan belajar calon mahasiswa. TKA-ITS mengukur kemampuan verbal, kuantitatif, logika serta spasial.

“Peserta diharapkan mempersiapkan kelengkapan tes seperti laptop dengan sistem operasi Windows 10, Webcam, akun Zoom Meeting, serta kecepatan internet di atas 5 Mbps,” urai Machmudah, Rabu (5/8/2020).

Jadwal TKA untuk SKM ini dilaksanakan pada Senin (3/8/2020) sampai dengan Jumat (7/8/2020), serta untuk International Undergraduate Program (IUP) pada Senin (24/8/2020). “Selanjutnya hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Agustus serta calon mahasiswa dapat melakukan daftar ulang pada tanggal 31 Agustus hingga 3 September 2020,” papar Machmudah yang juga dosen Departemen Teknik Kimia ini.

Machmudah berharap, seleksi penerimaan mahasiswa jalur SKM ini dapat berjalan lancar. Ia juga menyampaikan pesan pada para calon peserta yang berminat mendaftar diharapkan terus memantau info di website ITS. “Sebaiknya lakukan pendaftaran segera, jangan mendaftar pada saat mendekati deadline agar lebih banyak persiapan,” pungkas Machmudah.(tok/ipg)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x