29 C
Sidoarjo
BerandaJatimSapi Presiden di MAS Akan Disembelih Besok

Sapi Presiden di MAS Akan Disembelih Besok

Sapi kurban Joko Widodo Presiden yang diserahkan ke Masjid Al Akbar Surabaya akan disembelih besok, Sabtu (1/8/2020). Pemotongan hewan kurban di masjid ini akan dimulai pukul 06.00 WIB. Sedangkan, untuk sapi kurban presiden akan dimulai pukul 09.00 WIB.

Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar Surabaya mengatakan, sapi kurban presiden berjenis peranakan ongole (PO) dengan warna putih ini memiliki berat 1,040 kg.

“Umurnya 4 tahun. Tinggi Gumba 159 Cm, Panjang Badannya, 186 Cm, serta lingkar dada 234 Cm. Sapi ini berasal dari perternak H Soleh asal Desa Banyu Tengah Panceng Gresik,” kata Helmy, Jumat (31/7/2020).

Selain sapi kurban presiden, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim serta Emil Dardak Wakil Gubernur ikut berkurban di masjid Al Akbar. Keduanya juga berkurban sapi tipe peranakan ongole (PO) berwarna putih.

Hanya saja, kata Helmy, beratnya berbeda dari sapi presiden.

“Sapi kurban Gubernur Jatim beratnya 1.010 Kg. Sedangkan sapi Wagub 945 Kg,” katanya.

Sapi kurban Gubernur serta Wakil Gubernur sama-sama berasal dari peternak H Teguh Desa Takerharjo Solukuro, Lamongan.

Helmy mengatakan, Masjid Al Akbar Surabaya akan menerapkan protokol penyembelihan kurban pada Idul Adha tahun ini, sesuai dengan protokol kesehatan yang ada.

Aturan ini didasari pada SE Menag 18/2020 Tentang Penyelenggaran Sholat Idul Adha serta Penyembelihan Hewan Kurban 1441 H, Surat Edaran Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan serta Kesehatan Awan Nomor 0008/SE/PK.320/F/06/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Non Alam Covid-19, serta Fatwa Majelis Ulama Indonesia No 36 Tahun 2020 tentang Shalat Idul Adha serta Penyembelihan Hewan Kurban saat wabah Covid-19.

Sejumlah protokol yang diterapkan diantaranya penempatan lokasi khusus menyembelih serta proses penyembelihan. Lokasi penyembelihan akan berada di lantai dasar seluas 2.000 meter persegi serta tertutup untuk umum.

Sebelum penyembelihan, lokasi juga akan disemprot dengan disinfektan. Semua petugas serta relawan wajib pakai APD serta menerapkan Protokol Covid-19.

“Daging (hewan qurban) akan dikemas dalam besek dengan berat 1,5 kg. Pemilahan daging serta jeroan disupervisi langsung Tim FKH Unair serta Dinas Peternakan Provinsi Jatim. Pendistribusiannya langsung ke masyarakat. Data penerima daging qurban diperoleh dari Kelurahan sekitar Masjid Al Akbar. Tidak ada pembagian daging Qurban di area Masjid Al Akbar,” katanya.

Pasca prosesi penyembelihan serta pembagian, limbah kurban akan diolah menjadi kompos yang nantinya dimanfaatkan untuk tanaman yang ada di sekitar area Masjid Al Akbar. (bas/tin)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x