27 C
Sidoarjo
BerandaJatimKasus Gilang Jadi Trending, Sejumlah Pihak Nyatakan Sikap Pada Fetish Kain Jarik

Kasus Gilang Jadi Trending, Sejumlah Pihak Nyatakan Sikap Pada Fetish Kain Jarik

Nama Gilang mendadak trending di media sosial Twitter Indonesia hari ini, Kamis (30/7/2020). Sampai pukul 17.00 WIB, sudah 105 ribu orang membuat cuitan di Twitter tentang mahasiswa FIB Unair yang viral setelah akun @m_fikris membagikan utas bercerita tentang pelecehan seksual yang ia alami, sehari sebelumnya pada Rabu (29/7/2020).

Ia mengawali cuitan tersebut dengan judul “Predator ‘Fetish Kain Jarik’ Berkedok Riset Akdemik dari Mahasiswa PTN di SBY.”

Lalu ia bercerita mengenai perkenalannya dengan Gilang serta pengalamannya dirinya dilakban serta dibungkus dengan kain jarik. pada korban, Gilang mengaku sedang mengadakan sebuah riset untuk tugas akhir di kampusnya serta meminta @m_fikris membungkus dirinya dengan kain lalu mengirimkannya melalui foto atau video.

Setelah utas yang ia bagikan mulai viral, sejumlah warganet akhirnya mengaku pernah menjadi korban maupun hampir menjadi korban pelecehan seksual oleh korban. Mereka juga diminta melakukan hal serupa seperti yang dialami @m_fikris.

Utas viral ini mendapat berbagai respon dari warganet. Bahkan, sejumlah artis ikut berkomentar. Salah satu yang cukup viral yaitu retweet dari Sutradara Film Ernest Prakasa. Ia sempat bersinggungan dengan Gilang saat launching film Imperfect yang disutradarainya.

“Gw RT thread ini ya, baca aja sampe bawah nanti ada foto pelakunya. Fotonya bareng gw, brengsek emang,” cuit Ernest dalam akun twitternya @ernestprakasa, Kamis (30/7/2020).

Selain Ernest, Influencer Karin Novilda atau Awkarin bahkan membuat cuitan siap memfasilitasi lawyer untuk membawa kasus ini ke ranah hukum.

“Si Gilang ini di mana sekarang? Surabaya apa di mana? Nanti gue konsultasi dulu sm lawyer gue bisa dikasusin gak dengan bukti-bukti yang ada. serta para korban bersedia didampingin lawyer gue apa nggak. Netizen waktu serta tempat dipersilahkan,” cuitnya di akun twitter @awkarin, Kamis (30/7/2020).

Salah satu meme viral di media sosial tentang kasus Gilang. Foto: Istimewa

Selain itu, berbagai meme tentang Gilang juga mencuat di media sosial. Salah satu meme yang cukup trending diantaranya “Aku perhatikan km bungkusable juga” serta “Apa lu liat liat? Mau gue bungkus? -Kang bungkus” bersandingan dengan wajah Gilang merujuk pada model pelecehan seksual yang dia lakukan.

Salah satu meme viral di media sosial tentang kasus Gilang. Foto: Istimewa

Setelah kasus ini mencuat serta menjadi viral di media sosial, hari ini, Kamis (30/7/2020) pihak Dekanat FIB Unair membuat pernyataan tertulis menanggapi hal ini. Prof. Diah Ariani Arimbi Dekan FIB Unair menyatakan FIB akan mengusut kasus Gilang melalui komisi etik fakultas.

“Fakultas Ilmu Budaya telah berusaha menghubungi pelaku (mahasiswa yang bersangkutan) untuk mengonfirmasi hal-hal yang beredar di media sosial pada yang bersangkutan tetapi sampai pernyataan resmi ini disampaikan yang bersangkutan belum dapat dihubungi. Fakultas Ilmu Budaya juga telah berusaha menghubungi orang tua mahasiswa yang bersangkutan, tetapi belum dapat terhubung,” kata Prof. Diah pada Kamis (30/7/2020).

Selain pihak Dekanat FIB, Rektorat Unair melalui Pusat Informasi serta Humas (PIH) Unair juga menegaskan akan mengambil tindakan tegas serta tidak akan melindungi yang bersangkutan. Ia juga memastikan bahwa yang bersangkutan memang mahasiswa Unair angkatan 2015 bernama lengkap Gilang Aprilian Nugraha Pratama.

“Kami secara tegas tidak akan melindungi kesalahan serta akan terus melakukan investigasi. Tentunya akan memberikan sanksi paling tegas karena hal itu merupakan tindakan melanggar disiplin moral mahasiswa,” kata Suko Widodo Kepala Pusat Informasi serta Humas (PIH) Unair. (bas/rst)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x