28 C
Sidoarjo
BerandaJatimYDSF Terjunkan Tim Khusus Kawal Penyembelihan Hewan Qurban

YDSF Terjunkan Tim Khusus Kawal Penyembelihan Hewan Qurban

Mulai hari ini, Selasa (28/7) tim relawan Expedisi Qurban Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) bergerak untuk mendistribusikan hewan qurban ke 19 titik penurunan hewan qurban. Tim yang terdiri dari 19 orang itu telah dibekali pemahaman sesuai protokol kesehatan di masa pandemi covid 19.

Rochmad Hidayat Ketua Panitia Expedisi Qurban YDSF mengatakan, untuk menjaga keamanan dari penularan covid-19, anggota tim yg diterjunkan ke lapangan dibekali peralatan lengkap seperti baju lengan panjang, masker, faceshield, sarung tangan, serta hand sanitizer.

“Sesuai dengan protokol penyembelihan yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI, maka kami menjalankan dengan ketat aturan itu,” kata Rochmad saat melepas keberangkatan tim kurban YDSF.

Selain itu, lanjutnya, protokol kesehatan ketat juga diberlakukan bagi petugas penyembelihan di desa-desa pelosok. Di samping dibekali peralatan pengaman diri, mereka juga harus memperhatikan kondisi aman saat prosesi penyembelihan, pengulitan hingga distribusi daging.

“Semua kita pantau serta tidak diperbolehkan mengumpulkan masa. Daging dikirim ke penerima door to door,” tambahnya.

YDSF tahun ini menargetkan menyembelih 1000 kambing serta 100 sapi. Untuk pemerataan daging, sebagian besar hewan qurban itu didistribusikan ke desa-desa pelosok di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jakarta.

Sementara itu, Khoirul Anam humas YDSF mengatakan, selain di Pulau Jawa distribusi hewan qurban juga menjangkau pedalaman Manggarai-Nusa Tenggara Timur, Palu-Sulawesi Tengah, Halmahera-Maluku Utara, Ketapang-Kalimantan Barat serta korban banjir Masamba di Sulawesi Utara.

“Sampai saat ini penghimpunan hewan qurban masih terus berjalan. Mudah-mudahan tahun ini tambah banyak masyarakat yang menitipkan hewan qurban ke YDSF sehingga tambah banyak juga yang merasakan manfaatnya,” pungkasnya. (bas/ipg)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x