32 C
Sidoarjo
BerandaContoh SuratContoh Surat Gugatan Cerai Istri pada Suami Beserta Penjelasannya

Contoh Surat Gugatan Cerai Istri pada Suami Beserta Penjelasannya

Hal       : Cerai Gugat

Medan, 20 April 2019

pada: Yth Ketua Pengadilan Agama Kota Medan

Jln. Kenanga Nomor 1 Kecamatan Medan Raya kabupaten Sumatera Utara

Assalamualaikum wrwb, saya yang bertanda tangan dibawah ini yaitu:

Nama               : Sisi Susilawati Ningsih

Umur               : 39 Tahun

Agama             : Islam

Pekerjaan         : Wiraswasta

Pendidikan       : SMA

Tempat Kediaman       : Jalan Muri Raya, Rt/RW 09/06 Nomor 11Kecamatan Grohol Medan

Selanjutnya sebagai Penggugat

Dengan hormat, bahwasanya penggugat mengajukan gugatan perceraian berlawan dengan

Nama                           : Bambang Bagito

Umur                           : 45 Tahun

Agama                         : Islam

Pekerjaan                     : Wiraswasta

Pendidikan                   : SMA

Tempat Kediaman       : Jalan Muri Raya, Rt/RW 09/06 Nomor 11 Kecamatan Grohol Medan

Selanjutnya sebagai pihak Tergugat

Adapun sebagaimana yang menjadi alasan atau dalil dalam gugatan penggugat tersebut diatas ialah:

  • Bahwa Penggugat dengan tergugat merupakan suami istri yang sah yang melangsungkan pernikahan tepat pada tanggal 24 Desember 2003 serta dicatat oleh Pegawai Pencatat Nikah Kantor urusan Agama Kecamatan Grohol Medan sesuai dengan kutipan akta nikah/ atau duplikat kutipan nikah nomor 76 tanggal 24 Desember 2003
  • Bahwa, sesaat setelah melakukan akad nikah tergugat mengucapkan sighat taklik talak atau (talak bersyarat) terhadap penggugat dengan bunyi bahwa sebagaimana yang tercantum dalam buku nikah kutipan akta nikah tersebut tinggal dirumah orang tua yang beralamatkan Jalan Sidorejo Kecamatan  Mesra Medan lalu pindah serta tinggal di rumah sendiri yang terletak di Jalan Muri Raya, Rt/RW 09/06 Nomor 11 Kecamatan Grohol Medan.
  • Bahwa setelah pernikahan ini penggugat serta tergugat bersama-sama bertempat tinggal di Grohol Medan serta selama pernikahan tersebut antara penggugat serta tergugat melaksanakan kehidupan rumah tangga dengan baik serta rukun. serta telah dikarunai seorang putra yang bernama Rini Rezeki Ramadhani yang lahir pada tanggal 11 April 2005
  • Bahwa sebelumnya atau pada awal mula rumah tangga antara penggugat serta tergugat dalam keadaan rukun serta baik-baik saja. Namun sejak bulan januari 2017 ketentraman serta ketenangan rumah tangga antara penggugat serta tergugat selalu mengalami pertikaian, perkelahian yang mengakibatkan  terjadinya KDRT, Cekcok yang berkepanjangan serta Tidak lagi dapat berkomunikasi dengan sebagaimana mestinya.

Bahwa perselisihan serta pertengkaran tersebut selalu berkelanjutan dalam rentang waktu yang cukup lama yaitu sampai bulan januari 2017 sampai dengan 28 Agustus 2019 hingga sekarang kurang lebih 2 tahun 1 bulan penggugat serta tergugat telah berpisah tempat tinggal atau/pisah ranjang karena tergugat telah pergi meninggalkan tempat kediaman bersama tersebut. Yang mana dalam pisah rumah tersebut saat ini penggugat bertempat tinggal di Medan serta tergugat bertempat tinggal di Medan seta sepanjang itu tidak lagi memiliki hubungan lagi.

Bahwasanya adanya beberapa poin perselisihan serta pertengakaran tersebut yang terjadi terus menerus mengakibatkan rumah tangga antara penggugat serta tergugat tidak lagi harmonis serta bahagia sebagaimana mestinya baik lahir maupun batin. serta sepertinya tidak dapat kembali untuk melanjutkan kembali rumah tangga serta membina rumah tangga bersama tergugat.

Bahwa pihak keluarga antara kedua pihak telah berusaha mendamaikan antara penggugat serta tergugat namun upaya ini tidak menemukan hasil yang diharapkan.

Bahwa berdasarkan uraian gugatan diatas, maka gugatan penggugat telah dapat memenuhi alasan perceraian sebagaimana yang tercantum dalam peraturan pemerintah nomor 9 tahun 1976 pasal 23 Kompilasi Hukum Islam.

Bahwasanya penggugat bersedia serta sanggup untuk membayar serta membiayai seluruh biaya yang timbul diakibatkan dari perkara gugatan perceraian ini .

Berdasarkan alasan atau pun dalil-dalil diatas, maka penggugat memohon pada ketua Pengadilan Agama Kota medan c.q majelis hakim terkait agar kiranya dapat memeriksa serta dapat mengadili perkara tersebut diatas, yang selanjutnya menjatuhkan putusan yang amarnya sebagaimana berikut ini:

Primair:

  1. Mengabulkan gugatan penggugat
  2. Menetapkan keterkaitan terhadap putus perkawinan antar penggugat serta tergugat yang disebabkan karena perceraian.
  3. Membebankan biaya perkara berdasarkan hukum.

Subsidir

Atau dapat menjatuhkan putusan lain yang seadil-adilnya sebagaimana mestinya.

Demikianlah surat ini kiranya harapannya gugatan ini dapat dikabulkan sebagaimana harapan. Dengan ini penggugat banyak terimakasih.

Wassalamualikum wr.wb.

Hormat Saya

Susi Sisilawati Ningsih Binti Samsudin

Penggugat

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x