31 C
Sidoarjo
BerandaKata-kata MutiaraKata mutiara Islami, 33+ Kata Mutiara Islam Idul Adha serta Kurban Sarat...

Kata mutiara Islami, 33+ Kata Mutiara Islam Idul Adha serta Kurban Sarat Nasehat Bijak

Kata mutiara islam tentang Idul Adha serta kurban – Idul Adha atau dikenal juga sebagai Hari Raya Kurban ialah salah satu dari dua hari raya umat islam selain Idul Fitri. Pada hari ini, setiap umat islam yang memiliki kelebihan harta dianjurkan untuk berkurban dengan binatang ternak yang telah ditentukan.

Idul Adha merupakan momentum napak tilas kisah ketaatan luhur keluarga Nabi Ibrahim alaihissalaam. Sebagaimana diketahui, kisahnya yang sudah sangat populer itu berawal dari turunnya perintah Allah melalui mimpi Nabi Ibrahim yang menyuruh untuk menyembelih putranya Ismail. Karena ketaatannya pada Allah serta baktinya pada kedua orangtua, Ismail kecil menerima dengan ikhlas serta penuh keridhaan perintah untuk mengorbankan dirinya itu.

Bagi Nabi Ibrahim, perintah untuk mengorbankan putra tercintanya ini tentu tidaklah mudah. Apalagi Ismail kecil yang saat itu baru berusia 7 tahun ialah anak yang ditunggu-tunggu kehadirannya sejak lama serta beliau amat sayang dengan putranya tersebut. Tapi karena itu ialah perintah Allah, pengorbanan pun akhirnya tetap dilakukan atas dasar ketaatan. Hingga akhirnya Allah mengganti Ismail dengan satu ekor domba yang sampai hari ini kita peringati sebagai hari raya idul adha.

Kata Mutiara Islam Tentang Kurban serta Idul Adha

Syariat kurban memberikan hikmah yang banyak bagi kita. Di antaranya, kurban mengajarkan kita untuk berbagi rezeki pada sesama. Kurban juga mengajarkan kita untuk ikhlas dalam menjalankan ketaatan sebagaimana yang dicontohkan Nabi Ibrahim alaihissalaam. Tentu yang paling penting dari itu semua, kurban menjadi jalan ketakwaan.

Berikut ini mutiaraislam sajikan beberapa kata mutiara islam tentang Idul Adha serta kurban, memuat banyak pesan nasehat bijak seperti makna idul adha, manfaat kurban, mengambil semangat idul adha, meneladani Nabi Ibrahim, serta pesan-pesan bijak islami lainnya.

Sadari

Realize that it is not just about sacrificing an animal but the willingness to sacrifice anything for the sake of Allah.

Sadarilah bahwa qurban bukan hanya tentang mengorbankan seekor binatang, tapi tentang kesadaran untuk mengorbankan segala sesuatu karena Allah.

Mencintai harta

Jangan mencintai harta, karena dia akan meninggalkan kita ketika mati. Oleh karena itu, korbankan harta kita sebagai penolong di akhirat kelak, dengan cara membeli hewan kurban serta membagikannya pada orang yang membutuhkan.

Jalan ketakwaan

Daging-daging kurban serta darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. – (QS. Al-Hajj: 37)

Bersyukur, berkurban serta berbagi

Selamat hari raya idul adha. Semoga momen ini memberikan kita kesadaran untuk senantiasa bersyukur atas nikmat Allah, selalu berkorban untuk agama-Nya serta memberikan yang terbaik untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Aamiin.

Yuk Qurban

Sesungguhnya kami telah memberikan karunia yang sangat banyak kepadamu. Maka shalatlah untuk Tuhanmu serta sembelihlah Qurban. – (QS. Al-Kautsar: 1-3)

Jangan lupa qurban

Beli gadget jutaan rupiah untuk duniamu boleh-boleh saja. Tapi beli kambing kurban untuk akhiratmu sudah?

Lebih afdhal

Penyembelihan yang dilakukan di waktu mulia lebih afdhal daripada sedekah senilai penyembelihan tersebut. – (Ibnu Qayyim)

Bernilai kebaikan

Setiap satu helai rambut qurban ialah satu kebaikan. – (HR. Ahmad serta Ibnu Majah)

Makna idul adha

Semangatmu dalam berqurban, harapanmu akan ampunan, serta keteguhanmu dalam beriman, itulah makna idul adha.

Manfaat berkurban

Selayaknya bagi mereka yang mampu, tidak meninggalkan berkurban. Karena dengan berkurban akan lebih menenangkan hati serta melepaskan tanggungan, wallahu a’lam. – (Tafsir adwa’ul bayan hal. 1120)

Qurban

Qurban itu kepatuhan pada Allah serta kecintaan terhadap sesama.

Setiap kita ialah Ibrahim

Keluarga, jabatan, kekayaan yang kita miliki ialah Ismail yang kita cintai, sayangi serta pertahankan. Allah tidak menyuruh Nabi Ibrahim untuk membunuh Nabi Ismail, tapi Allah hanya meminta untuk membunuh rasa “memiliki” Ismail, karena hakikatnya semua ialah milik Allah. Semoga Allah menganugerahkan kita kesalehan Ibrahim serta keikhlasan Ismail.

Itulah beberapa kata mutiara islam tentang idul adha serta kurban yang semoga banyak memberi nasehat serta inspirasi bagi kita untuk lebih bisa memaknai momentum idul adha serta ibadah kurban.

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x