28 C
Sidoarjo
BerandaJatimWapres: Digitalisasi Pers serta Penyiaran Harus Segera Diwujudkan

Wapres: Digitalisasi Pers serta Penyiaran Harus Segera Diwujudkan

Ma’ruf Amin Wakil Presiden mengatakan transformasi digital di sektor pers serta penyiaran harus segera diwujudkan sebagai bagian dari agenda besar pembangunan nasional untuk meningkatkan daya saing di tingkat global.

“Sebagai agenda besar pembangunan nasional, transformasi digital di sektor penyiaran serta pers perlu kita wujudkan. Salah satu prioritas dalam percepatan transformasi digital ialah digitalisasi di sektor penyiaran,” kata Wapres saat menyampaikan sambutan dalam Penyerahan Anugerah Syiar Ramadhan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di Jakarta, Sabtu (11/7/2020).

Perubahan metode penyampaian informasi dari analog ke digital tersebut merupakan suatu keharusan karena mempertimbangkan kondisi perkembangan teknologi, katanya.

Salah satu alasan pentingnya melakukan transformasi digital ialah masih tertinggalnya kondisi pertelevisian di Indonesia dibandingkan negara-negara lain. Proses digitalisasi televisi juga dapat memberikan kenyamanan bagi audiens lewat kualitas gambar yang lebih optimal, jelas Wapres.

“Proses digitalisasi televisi yang dikenal sebagai analog switch-off atau ASO ini bertujuan untuk menghasilkan kualitas penyiaran yang lebih efisien serta optimal untuk kepentingan seluruh masyarakat Indonesia,” tuturnya seperti dilaporkan Antara.

Selain itu, para pelaku industri juga dituntut untuk menyesuaikan pola bisnisnya dengan perkembangan teknologi informasi.

“Disrupsi teknologi menuntut para pelaku industri di sektor penyiaran untuk menyesuaikan pola bisnisnya agar sejalan dengan perkembangan era digital,” katanya.Ma’ruf Amin, Wapres, Digitalisasi, Pers, Penyiaran

Selain pers serta penyiaran televisi, frekuensi radio juga harus melakukan transformasi digital untuk memberikan layanan penyediaan informasi yang efisien serta optimal bagi masyarakat.(ant/iss)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x