Selasa, 18 Mei 2021
31 C
Sidoarjo
Selasa, 18 Mei 2021

Sebanyak 13,7 Persen Mobil Hilang Ditemukan Setelah ‘Mengudara’ di Radio Suara Surabaya

- Advertisement -
- Advertisement -

Dari total 51 laporan pendengar Radio Suara Surabaya (SS) di tahun 2020 yang kehilangan mobil, sebanyak 7 mobil atau 13,7% di antaranya berhasil ditemukan berkat koordinasi tim Suara Surabaya, para pendengar, serta aparat kepolisian setempat.

Berdasarkan data laporan pendengar Radio Suara Surabaya yang dihimpun PortalSidoarjo.com mulai 1 Januari 2020 hingga 3 Juli 2020, mayoritas mobil yang dilaporkan hilang dilihat oleh para pendengar sekitar 3-10 menit setelah diudarakan. Lalu, polisi akan bergerak setelah ada pendengar yang melaporkan melihat kendaraan tersebut. Kemudian, polisi melakukan penangkapan sekitar 20 menit hingga 4 jam setelahnya.

Mobil yang banyak dilaporkan pendengar ke Radio Suara Surabaya terbanyak ialah mobil pick up, yakni sebanyak 20 kasus. Lalu disusul kasus mobil Xenia serta Avanza yang masing-masing 4 kasus, Innova Reborn 3 kasus, lalu diikuti Ayla, Brio, HRV, Agya serta Calya masing-masing sebanyak 2 kasus. Sisanya 10 kasus terdiri dari kendaraan yang berbeda yang masing-masing 1 kasus.

Selain pencurian mobil biasa, modus penggelapan dengan cara menyewa atau meminjam juga menjadi modus terbanyak yakni 9 kasus. Sisanya, pencurian mobil biasanya bermodus dibawa lari orang terdekat seperti teman (8 kasus), sopir (4 kasus), tetangga (2 kasus), orang yang mau menolong (1), pegawai (1) serta pembeli (1).

Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya, yang mana dari total 88 laporan kasus kehilangan mobil mengudara di Radio Suara Surabaya sepanjang tahun 2019, sebanyak 8 mobil berhasil ditemukan atau sekitar 9,1%.

Selebihnya data jenis mobil yang dilaporkan hilang hampir sama dengan tahun 2020, yakni terbanyak laporan mobil pick up 17 kasus. Lalu disusul mobil Ertiga 12 kasus, Avanza 10 kasus, Innova 7 kasus, Ayla serta Mobilio masing-masing 5 kasus.

Selain kasus dengan pencurian biasa, modus pencurian dengan dibawa penyewa juga menjadi terbanyak kedua dengan jumlah 8 kasus sepanjang tahun. Sisanya, kebanyakan modus pencurian dibawa lari pelaku yang mengenal baik korban.(tin/ipg)

Sumber »

- Advertisement -
Terkini
- Advertisement -
Related news
- Advertisement -