27 C
Sidoarjo
BerandaContoh Surat14+ Contoh Surat Tugas Perusahaan, pendidik, Mahasiswa serta Surat Lainnya

14+ Contoh Surat Tugas Perusahaan, pendidik, Mahasiswa serta Surat Lainnya

Contoh Surat Tugas – Seringkali seorang pegawai, bawahan maupun staff memperoleh surat tugas dari atasannya. Surat tugas yang diperoleh menjadikan seorang bawahan mengemban tugas barunya diluar tugas hariannya.

Tak jarang pula surat tugas menjadi salah satu dokumen resminya yang cukup penting. Contoh surat tugas perlu dipelajari serta diketahui apalagi jika kita nanti akan bekerja.

Tetapi, sebenarnya apa definisi dari sebuah surat tugas? Kebanyakan masyarakat awam menganggap surat tugas sama persis dengan surat dinas. Melainkan ternyata keduanya tidaklah sama. Umumnya surat tugas memang masuk dalam kategori surat dinas karena seringkali digunakan untuk acara kedinasan.

Namun, keduanya memiliki perbedaan, perbedaan yang mendasar yaitu pada surat tugas hanya digunakan untuk satu jenis pekerjaan saja, sedangkan surat dinas digunakan pada sebuah pekerjaan rutin. Surat tugas akan habis masa berlakunya, setelah pekerjaan atau tugas yang diberikan oleh pihak tertentu telah selesai.

Pengertian Surat Tugas

Contoh Surat Tugas

Pengertian Surat Tugas yaitu sebuah surat resmi yang dibuat serta dikeluarkan oleh seorang pejabat yang berwenang di sebuah instansi ataupun lembaga tertentu, dimana isinya terkait penugasan pada seorang pegawai atau staff untuk melakukan suatu pekerjaan.

Jika dikaitkan dengan suatu perusahaan, maka juga dapat diartikan bahwa surat tugas ialah surat yang dibuat oleh seorang pimpinan perusahaan yang isinya yaitu untuk melaksanakan tugas tertentu dengan ditujukan langsung pada karyawan perusahaan.

Fungsi serta target Surat Tugas

Contoh Surat Tugas

Ditinjau dari segi fungsi serta target dibuatnya surat tugas, ternyata surat tugas memiliki kesamaan dengan dibuatnya surat kuasa. Selain itu, pada umumnya surat tugas ini selalu disertai dengan surat kuasa yang digunakan sebagai dokumen pelengkap.

1. Pengesahan Formal

Fungsi yang pertama surat tugas yaitu dapat digunakan sebagai dokumen pengesahan. Dokumen ini memiliki sifat formal bagi pengemban tugas terhadap tugas pada dirinya yang harus dijalankan.

2. Mempermudah Tugas

Fungsi serta target surat tugas yang selanjutnya yaitu tentu digunakan untuk mempermudah suatu tugas. Surat tugas sengaja dibuat untuk membantu mempermudah tugas pejabat pelaksana tugas ketika berhubungan dengan instansi ataupun lembaga yang berhubungan dengan tugasnya tersebut.

3. Bukti Legal

Fungsi serta target dibuatnya surat tugas yang terpenting ialah sebagai sebuah bukti legal. Surat tugas masuk dalam golongan surat resmi atas penugasan seorang pejabat atas suatu pekerjaan yang sesuai dengan isi surat tersebut.

Ciri-Ciri Surat Tugas

Contoh Surat Tugas

Surat tugas yang baik pada umumnya mempunyai karakteristik khusus sesuai dengan peruntukannya. Berikut ini merupakan ciri-ciri khusus sebuah surat tugas yaitu :

1. Tugas Yang jelas

Surat tugas dibuat untuk memberikan penugasan secara pada seseorang yang didelegasikan. Di dalam surat tugas juga harus dijelaskan tentang adanya penugasan secara jelas dari pimpinan pada pegawai atau staf untuk pekerjaan tertentu.

2. Gunakan Bahasa Baku serta Resmi

Surat tugas masuk dalam kategori surat resmi. Sehingga dalam pembuataannya, surat tugas harus menggunakan bahasa yang baku atau resmi, serta isinya perlu dibuat dengan singkat, padat, serta jelas. Surat tugas harus lugas, artinya bahasa yang digunakan tidak mubazir, tidak banyak kata sehingga berbasa-basi, serta juga harus mengikuti perkembangan bahasa surat tugas.

3. Kelengkapan Bagian Surat Tugas

Hal selanjutnya menjadi ciri dari surat tugas ialah kelengkapan bagian-bagian surat tugas. Di dalam surat tugas, isinya harus dilengkapi dengan kop surat, nomor surat, judul surat, isi surat, tanggal, nama serta juga tanda tangan pejabat pemberi tugas beserta nama serta tanda tangan penerima tugas.

4. Isi Surat Tugas

Selain kelengkapan setiap bagiannya, dalam sebuah surat tugas juga perlu memperhatikan isinya. Isi sebuah surat tugas harus terdapat identitas pejabat atau atasan beserta identitas pegawai atau staff yang diberi tugas. Kemudian didalamnya juga memuat materi tugas yang akan diemban bawahan secara singkat,  jelas serta tegas serta juga terdapat isi mengenai tugas yang diberikan, pertanggungjawaban beserta jangka waktu pelayanan tugas.

5. Stempel Instansi

Ciri sebuah surat tugas yaitu pemberian tugas oleh instansi tertentu pada stafnya. Untuk mengetahui sebuah instansi tersebut resmi atau tidak, maka surat tugas yang dibuat harus dibubuhi dengan stempel instansi yang mengeluarkan surat tersebut.

Bagian-Bagian Surat Tugas

Contoh Surat Tugas

Dalam pembuatan sebuah surat tugas, terdapat beberapa bagian cukup penting yang harus dibuat secara berurutan. Bagian-bagian ini  menjadi komponen dalam berdirinya surat tugas yang dibuat. Berikut ini ialah bagian-bagian di dalam sebuah surat tugas yang baik serta benar:

  • Kepala Surat/ Kop Surat. Kop surat terletak di atas tengah. Dalam kop surat, isinya berupa  nama instansi, nomor telepon, alamat, serta juga logo instansi.
  • Judul serta Nomor Surat. Setelah Kop Surat terdapat judul yaitu SURAT TUGAS. Dibawah judul, tepat dibawahnya ialah nomor surat. Nomor surat berisi pembuatan kode surat, yaitu tulisan nomor urutan, kedudukan surat, bulan serta tahun.
  • Tanggal Surat. Setelah judul serta nomor surat, selanjutnya ialah tanggal pembuatan surat. Menunjukkan bahwa pada tanggal tersebut surat ditulis contoh: 1 Desember 2014
  •  Lampiran Surat. Lampiran menandakan jumlah lembaran berkas yang dikirimkan. Untuk lampiran ini dapat diisi jika di dalam surat tersebut diikutkan lembaran lain. contoh: Lamp : 3 lembar
  • Hal atau Perihal Surat. Hal ini berisi target. Surat tugas dibuat tentu mempunyai maksud untuk menunjukkan dengan segera pada penerima tentang isi surat
  • Alamat Surat. pada siapa, di mana surat tersebut diberikan. Contoh: Yth. Bpk. Joko Santosa, S.Pd. Jl. Mataram I/125 Yogyakarta g. Isi surat terbagi menjadi tiga bagian, pertama yaitu pendahuluan, isi surat serta terakhir ialah penutup.
  • Penutup Surat. Bagian akhir dari surat tugas ialah penutup. Bagian ini berisi nama serta tanda tangan pengirim surat.

Contoh Surat Tugas

Surat tugas digunakan secara luas dalam beberapa tugas terutama tugas yang bersifat resmi. Berikut ini 14 contoh surat tugas yang sering digunakan :

1. Contoh Surat Tugas  pendidik

Contoh Surat Tugas

pendidik yang menjadi bawahan dari seorang kepala sekolah tentu akan mungkin jika diperintahkan untuk menjalankan sebuah tugas tertentu. Baik tugas sebagai perwakilan dari sekolah tempat dia mengajar, ataupun tugas untuk mengerjakan kegiatan tertentu yang memang menjadi tanggung jawabnya. Inilah salah satu contoh surat tugas pendidik.

 

PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 3 BONKARAN
Kecamatan Bonkaran Kabupaten Sumedang

SURAT TUGAS
Nomor : 579/1875/07/SMAN-3/2017

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah Menengah Negeri 3 Bonkaran Kecamatan Bonkaran Kabupaten Sumedang memberikan tugas pada :

Nama
:
Irwan Prayogi
NIP
:
12386906789000
Tempat/Tgl Lahir
:
Sumedang/20/05/1979
Pangkat/Gol. Ruang
:
Penata Muda/ III B
Jabatan
:
pendidik
Unit Kerja
:
SMA Negeri 3 Bonkaran

untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu pendidik Mata Pelajaran Kewirausahaan yang akan dilaksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Sumedang mulai tanggal 18 s/d 20 Desember 2017.

Demikian surat tugas ini  dibuat agar dapat dilaksanakan. Kemudian untuk peserta pelatihan di mohon setelah selesai mengikuti kegiatan untuk menyampaikan laporan secara tertulis.

 

Sumedang , 15 Desember 2017
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Sumedang,

Ahmad Arifin, M. Pd

2. Contoh Surat Tugas Perusahaan

Contoh Surat Tugas

Tidak jauh berbeda dengan surat tugas pada pendidik, seorang atasan di dalam suatu perusahaan juga akan menggunakan surat tugas ketika ingin menugaskan pegawai atau staffnya untuk menjalankan sebuah tugas tertentu.

Surat tugas yang dibuat ini mungkin saja dapat berisikan tugas untuk mengawasi sebuah proyek yang sedang berlangsung, ataupun menugaskan untuk mewakili sebuah perusahaan untuk menghadiri sebuah acara seminar.

 

SURAT TUGAS

Nomor : 1906/ST/BS/V/2018

 

Sehubungan dengan telah dimulainya Pembangunan Hotel Permata Hijau yang berada di Jalan Ciamis No. 123 Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur, maka dengan ini menugaskan pada :

Nama
:
Abdul Qodir
Jabatan
:
Petugas Lapangan

untuk melakukan pengawasan terhadap pekerjaan pembangunan Hotel Permata Hijau, terhitung mulai tanggal 19 Februari 2018 s/d 19 Juli 2018.

Semua biaya  yang dikeluarkan dari pelaksanaan tugas ini, nantinya akan dibebankan pada biaya proyek pembangunan. Berlaku pada pihak yang bersangkutan sesuai dengan aturan.

Demikian surat tugas ini dibuat  dengan sebenar-benarnya. Peserta diharapkan dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

 

Malang, 15 Februari 2018
Manajer Proyek,

Rudi Effendi, ST

3. Contoh Surat Tugas Karyawan

Contoh Surat Tugas

Selain itu, jika ingin memberikan tugas pada bawahan, maka seorang atasan tentu harus menggunakan surat tugas atau surat penugasan sebagai bukti resmi.

Hal ini akan berguna agar dapat memperlancar bawahan tersebut dalam menjalankan tugas serta tanggung jawab yang diembannya. Jika masih bingung dengan contoh surat tugas karyawan, cobalah simak contoh surat tugas karyawan di bawah ini :

 

Surat Tugas Karyawan

Yang bertanda tangan di bawah ini selaku Manajer Operasional yang bertindak atas nama PT. SEMANGAT TANPA BATAS :

Nama
:
Andi Wardoyo
Jenis Kelamin
:
Laki – Laki
Jabatan
:
Manajer Operasional
Alamat
:
Jl. Raya Kemiri No. 123 Semarang

Dengan ini memberikan tugas pada karyawan dari PT. INGIN SUKSES TERUS dengan :

Nama
:
Supartono
Jenis Kelamin
:
Laki – Laki
Jabatan
:
Kepala Teknik
Alamat
:
Jl. Bunga Kamboja No. 10 Semarang

untuk menyelesaikan proyek instalasi jaringan fiber optic yang berada di daerah Purwokerto. Selain itu ia juga bertanggung jawab atas keamanan, ketertiban, kebersihan serta hal-hal yang bersangkutan dengan tugasnya tersebut.

Demikian Surat Tugas ini saya buat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya serta dengan  penuh tanggung jawab.

 

Semarang, 15 Februari 2018
Mengetahui,
Manajer Operasional,

Andi Wardoyo

4. Contoh Surat Tugas Dinas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa surat tugas masuk dalam kategori surat dinas, karena keduanya ialah resmi. Terkait surat tugas dinas biasanya digunakan oleh sebuah instansi pemerintahan maupun lembaga pemerintahan terkait tugas kedinasan.

Dalam memerintahkan bawahannya untuk melaksanakan suatu tugas, maka seorang atasan harus membuat surat tugas terlebih dahulu. Berikut ini merupakan salah satu surat tugas kedinasan.

 

SURAT TUGAS DINAS

Nomor : 87/THIN/04/SMK-Bantul/2018

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan 1 Plipuro Kabupaten Bantul, menugaskan :

Nama
:
Dedi Iskanda
NIP
:
34534629056
Tempat/Tgl Lahir
:
Bantul/ 08/09/1980
Pangkat/Gol. Ruang
:
Penata Muda IID
Jabatan
:
pendidik Pendidikan Agama
Unit Kerja
:
SMK Negeri 1Plipuro

Untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu pendidik Mata Pelajaran Pendidikan agama yang akan dilaksanakan di P4TK DIY mulai tanggal 10 Februari 2018 s/d 20 Februari 2018.

Demikian surat tugas ini dibuat untuk dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab serta setelah selesai mengikuti kegiatan tersebut, mohon untuk menyampaikan laporan yang dibuat secara tertulis.

 

Bantul, 08 Februari 2018,
Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Plipuro

Ahmad Hanafi,M. Pd

5. Contoh Surat Tugas Dari Perusahaan

Contoh Surat Tugas

Seorang pimpinan sebuah perusahaan tentu mempunyai banyak anggota atau bawahan, terlebih jika perusahaan yang di pimpin mempunyai banyak cabang. Untuk melakukan pekerjaannya setiap hari, sehingga perlu untuk dibantu oleh seorang bawahan.

Seorang pimpinan perusahaan dapat memerintahkan bawahannya untuk melakukan sebuah tugas dengan memberikan sebuah surat tugas seperti di bawah ini.

 

SURAT TUGAS
Nomor : I/HYK/09/III/2018

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini bertindak atas nama PT. Reksa Jaya Utama :

Nama
:
Burha Effendi
Jenis Kelamin
:
Laki – Laki
Jabatan
:
Direktur Utama
Alamat
:
Jl. Raya No. 1 Cikarang

dengan ini memberikan tugas pada karyawan PT. Reksa Jaya Utama

Nama
:
Arif Malik
Jenis Kelamin
:
Laki – Laki
Jabatan
:
Kepala Operasional Lapangan
Alamat
:
Jl. Surabaya No. 123 Cikarang

Surat ini merupakan surat keterangan pemberian tugas pada karyawan yang bersangkutan untuk dengan segera menyelesaikan proyek pembangunan rumah susun di Kec. Mawar, Kab. Sumedang. Yang bersangkutan juga harus bertanggung jawab atas keamanan, kebersihan, ketertiban, serta semua hal yang berkaitan dengan tugas.

Demikian surat tugas ini di buat agar dapat dipergunakan dengan sebagaimana mestinya serta dengan penuh tanggung jawab.

 

Cikarang, 15 Februari 2018
Pemberi Tugas,
Manajer Operasional,

Burhan Effendi

6. Contoh Surat Tugas Dinas Pendidikan

Contoh Surat Tugas

Dinas Pendidikan merupakan dinas yang membawahi sekolah-sekolah serta juga lembaga pendidikan lainnya di sebuah daerah. Kepala sekolah selaku pimpinan dari sebuah sekolah seringkali akan memerintahkan pendidik ataupun bawahannya untuk menjalankan tugas tertentu. Maka dari itu, pihak sekolah dapat memberikan surat tugas dinas pendidikan seperti contoh berikut ini.

 

PEMERINTAH KABUPATEN Boyolali
DINAS PENDIDIKAN
SMK Negeri 1 Boyolali
Jalan Soekarno Hatta 17 Boyolali

SURAT TUGAS
Nomor : I/II/III/2018

 

Yang bertanda tangan di bawah ini selaku Kepala SMK Nasional Pati memberikan tugas pada :

Nama
:
Ahmad Hadi, S. Pd
NIP
:
3497873487
Tempat/Tgl Lahir
:
Boyolali/20/09/1988
Pangkat/Gol. Ruang
:
Pembina Muda/III B
Jabatan
:
pendidik Pelajaran Bahasa Inggris
Unit Kerja
:
SMK Negeri 1 Boyolali

untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu pendidik Mata Pelajaran Bahasa Inggris yang akan dilaksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mulai tanggal 18 Februari s/d 20 Februari 2018.

Demikian surat tugas ini diberikan agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Yang bersangkutan dimohon untuk menyampaikan laporan tertulis setelah mengikuti kegiatan tersebut.

 

Boyolali,  12 Februari 2018
Pemberi Tugas,
Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Boyolali

Antok Bustomi, M. Pd

7. Contoh Surat Tugas pendidik Pengganti Sementara

Contoh Surat Tugas

Sebagai seorang pendidik yang telah memiliki jadwal mengawal tersendiri, tentu juga harus berusaha untuk dapat hadir sesuai dengan jadwal mengajarnya. Namun, jika dikarenakan satu hal lain.

Mungkin saja seorang pendidik tidak dapat hadir di sekolah serta perlu untuk digantikan oleh pendidik yang lain. Maka dari itu, kepala sekolah dapat membuat surat tugas pada pendidik lain untuk dapat menggantikan pendidik tersebut.

 

DEPARTEMEN PENDIDIKAN serta KEBUDAYAAN
SMA NEGERI XXX KOTA JAKARTA
Jalan Bangkalan No. 33 Jakarta

SURAT TUGAS

Nomor : 019/SMAN/390/18
Perihal : Tugas pendidik Pengganti

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama
:
Bud Effendi, M. Pd
NIP
:
2305635
Pangkat/Golongan
:
Pembina/ IVA
Jabatan
:
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Jakarta

Menugaskan :

Nama
:
Saraswati, S. Pd
NIP
:
390853
Jabatan
:
pendidik Fisika SMA Negeri 1 jakarta

untuk mengemban tugas sebagai pendidik Fisika pengganti sementara di SMA Negeri 1 Jakarta terhitung mulai tanggal 09 Febuari 2018 hingga 13 Mei 2018 atau hingga ada pendidik tetap di SMA Negeri 1 Jakarta tersebut.

Demikian surat tugas ini, di buat dengan sebenar-benarnya dengan harapan dapat melaksanakan tugas tersebut dengan baik serta penuh  dengan rasa tanggung jawab.

 

Jakarta, 02 Februari 2018,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Jakarta,

Ahmad Effendi, M. Pd

8. Contoh Surat Tugas pendidik Untuk Pelatihan Sertifikasi

Contoh Surat Tugas

Selain tugas di sekolah, pendidik juga ada yang harus mengikuti program sertifikasi dari pemerintah. Program ini ialah program yang ditujukan untuk para pendidik agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Namun sebelum menerima sertifikasi, seorang pendidik harus lebih dahulu menjalani sebuah pelatihan yang diadakan dinas pendidikan. Oleh sebab itu, seorang kepala sekolah dapat memberikan surat tugas pada pendidik yang bersangkutan, seperti contoh di bawah ini.

 

DEPARTEMEN PENDIDIKAN serta KEBUDAYAAN
SMA Negeri 2 Medan
Jalan Mokorata No. 123 Medan

SURAT TUGAS

Nomor : 905/SMAN/2/18
Perihal : Pendidikan serta Pelatihan

 

Dalam rangka peningkatan kualitas pendidik sekolah menengah atas Kota Medan demi terselenggaranya suatu kegiatan pendidikan formal yang baik serta terlaksananya program kerja Pemerintah Kota Medan untuk menjadikan ikon Kota Medan Pintar 2023, maka dengan ini Kepala SMA Negeri 2 Medan memberikan tugas pada :

Nama
:
Yudi Satawan, S. Pd
NIP
:
3489985
Jabatan
:
pendidik Fisika SMA Negeri 2 Medan

untuk mengikuti kegiatan pendidikan serta juga pelatihan sertifikasi pendidik yang akan diadakan pada tanggal 09 Februari 2018 s/d 09 Maret 2018 di Balai Pelatihan Dinas Pendidikan Kota Medan.

Sekian surat tugas ini di buat, agar dapat dilaksanakan dengan sungguh – sungguh serta diharapkan setelah tugas ini berakhir, Saudara menyampaikan laporan hasil pendidikan serta pelatihan tersebut secara tertulis. Penyerahan laporan paling lambat satu minggu setelah kegiatan selesai.

 

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Ahmad Burhan, M. Pd

9. Contoh Surat Tugas Mengikuti Bimbingan

Contoh Surat Tugas

Selain program sertifikasi, tentu masih banyak lagi program-program untuk pendidik yang berasal dari dinas pendidikan maupun pemerintah. Salah satu contohnya ialah program bimbingan. Program bimbingan ini, tentu akan mempunyai banyak manfaat bagi seorang pendidik, yang nantinya dapat diterapkan di sekolah ketika proses belajar mengajar.

 

SURAT PERINTAH TUGAS
Nomor : 421.2 / XV /2015

 

Dengan ini diperintahkan pada :

Nama
:
Slamet Bajuri, S. Pd
NIP
:
9399859347
Pangkat/Golongan
:
Penata Muda/III A
Jabatan
:
pendidik Sekolah

Untuk mengikuti Bimbingan Teknis Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan pada :

Hari/Tanggal
:
Senin/ 26 Februari 2018
Tempat
:
Ruang Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Boyolali
Waktu
:
Pkl. 08.00 – Selesai

Demikian surat tugas ini agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. serta sekembalinya dari tugas, harap segera melaporkan hasilnya.

 

Boyolali, 15 Februari 2018,
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Boyolali,

Ahmad Effendi, M. Pd

10. Contoh Surat Tugas Baru Karyawan

Contoh Surat Tugas

Sebagai seorang karyawan, berganti sebuah tanggung jawab tentu telah menjadi hal yang biasa. Jika pada periode sebelumnya menangani bidang administrasi, maka mungkin saja seorang atasan tiba-tiba menempatkannya  untuk bekerja di bidang keuangan.

 

MAJU TERUS
Jln. Malik Ibrahim No. 27 Bandung

Telp. 3497543

SURAT TUGAS
Nomor : 560/ST/MB/IV/2018

 

Surat Tugas Kerja ini diberikan pada :

Nama
:
Ahmad Sunandar
Jabatan Terakhir
:
Kepala Bagian Administrasi Administrasi
Lokasi Kerja Terakhir
:
Medan

Terhitung mulai tanggal 10 Februari 2018 saudara Ahmad Sunandar diberikan tugas sebagai Koordinator Jasa Operasional serta Koordinator Administrasi Keuangan.

Surat Tugas ini berlaku sejak tanggal 20 Maret 2018, serta sewaktu-waktu bisa dilakukan peninjauan ulang sesuai dengan kebijaksanaan serta kebutuhan dari perusahaan.

Demikian Surat Tugas Kerja ini  kami buat untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya serta diketahui oleh pihak yang terkait.

 

Bandung, 05 Februari 2018

Direktur Utama PT Maju Jaya,

Ahmad Burhan

11. Contoh Surat Tugas Pelatihan

Contoh Surat Tugas

Pelatihan-pelatihan ketika ini memang sangat banyak sekali dilakukan oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta. Para pendidik juga tidak akan ketinggalan, serta mereka sering menjadi peserta dari kegiatan pelatihan tersebut yang diadakan oleh pihak swasta. Berikut ialah salah satu contoh surat tugas pelatihan pendidik yang dilakukan oleh pihak swasta.

 

PEMERINTAH KABUPATEN TANGERANG
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 TELUKNAGA
Alamat : Jl. Kahyangan No. 123 Teluk Naga

SURAT TUGAS
Nomor : 302/900/IV/SMAN-1/2018

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah Menengah Negeri 1 Teluk Naga Kecamatan Tak Tun Tuang Kabupaten Tangerang memberikan tugas pada :

Nama
:
Budi Utomo, S. Pd
NIP
:
3409834
Pangkat/Golongan
:
Penata Muda /IIIA
Jabatan
:
pendidik SMA Negeri 1 Teluk Naga

untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu pendidik Mata Pelajaran Fisika yang akan dilaksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Banten mulai tanggal 19 Februari 2018 s/d 05 Maret 2018.

Demikian surat tugas ini dibuat,  untuk dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab serta semestinya. Di mohon untuk menyampaikan laporan secara tertulis, setelah selesai mengikuti kegiatan tersebut.

 

Teluk Naga, 15 Februari 2018
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Teluk Naga,

Ahmad Effendi, M. Pd

12. Contoh Surat Tugas Pengawasan

Contoh Surat Tugas

Bagi sebuah perusahaan, terlebih bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa seringkali akan membutuhkan pengawas. Bekerja sebagai pengawas memang cukup lumayan menjanjikan, tetapi mempunyai tanggung jawab yang cukup besar.

Untuk memberikan tugas pada seorang pengawas dalam mengawasi sebuah proyek, maka seorang pimpinan perusahaan dapat membuat surat tugas seperti berikut ini.

 

MAJU TERUS
Jln. Melati No. 55 Aceh
Telp. (0651) 375

SURAT TUGAS
Nomor : 1345/ST/KC/V/2016

 

Sehubungan dengan telah dimulainya Pembangunan Jembatan yang berada di Jalan Yuswe Aceh-Medan Luengbata Kota Aceh Provinsi Aceh, maka dengan ini menugaskan pada :

Nama
:
Dedi Sunarto
Jabatan
:
Pengawas Lapangan

untuk melakukan pengawasan terhadap pekerjaan pembangunan Jembatan, terhitung mulai tanggal 10 Februari 2018 s/d 09 Maret 2018.

Segala biaya yang diakibatkan dari pelaksanaan tugas ini akan diberikan pada biaya proyek pembangunan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Demikianlah surat tugas ini dibuat agar agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

 

Aceh, 02 Februari 2018,
Manajer Proyek,

Burhan Effendi

13. Contoh Surat Tugas Untuk Mengikuti Workshop Swasta

Tidak hanya dari pihak pemerintah, tetapi para pihak swasta juga sering mengadakan acara workshop untuk para pendidik – pendidik di Indonesia. Workshop ini biasanya akan dihadiri oleh perwakilan dari pendidik di setiap sekolah yang diundang. Sehingga untuk menugaskan salah satu pendidik, seorang kepala sekolah dapat memberikan surat tugas seperti berikut ini.

 

PEMERINTAH KABUPATEN PROBOLINGGA
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 PROBOLINGGA
Alamat : Jl. Mayjend Sungkono No. 90 Kecamatan Kalimanah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

SURAT TUGAS
Nomor : 781/5241/15/SMkN-1/2018

 

Yang bertanda tangan di bawah ini merupakan, Kepala SMK N 1 Probolinggo dengan maksud memberikan tugas pada :

Nama
:
Hasan, S. Pd
NIP
:
34893754
Tempat/Tgl Lahir
:
Purwokerto/20/12/1988
Pangkat/Golongan
:
Penata Muda/III A
Jabatan
:
pendidik Bahasa Indonesia
Unit kerja
:
SMK Negeri 1 Probolinggo

Untuk mengikuti kegiatan workshop Pentingnya Bahasa yang diselenggarakan oleh Aisec di Aula SMK Negeri 2 Probolinggo mulai dari 10 Februari sampai dengan 20 Februari 2018.

Demikian surat tugas ini dibuat dengan sebenar benarnya serta diharapkan dapat digunakan serta dilaksanakan dengan semestinya serta penuh tanggung jawab serta ketika setelah selesai mengikuti acara atau kegiatan harap menuliskan laporan tertulisnya

 

Probolinggo, 05 Februari 2018,

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Probolinggo,

Ahmad Effendi, M. Pd

14. Contoh Surat Tugas pendidik pada Siswa

Contoh Surat Tugas

Untuk mengasah kemampuan siswa agar lebih baik, maka pemerintah serta pihak swasta seringkali juga mengadakan kegiatan-kegiatan ataupun seminar yang mengikut sertakan murid atau siswa di sekolah. Nantinya, beberapa perwakilan dari pihak sekolah yang akan diberangkatkan, serta tentunya dengan membawa sebuah surat tugas, seperti contoh di bawah ini.

 

SURAT TUGAS
No : I/II/II/2018

 

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bantul, menugaskan pada :

Nama
Kelas
Fifn Putri
XII IPA 1
Ani Aryanti
XII IPA 2
Anton Ferman
XII IPA 3

Untuk mengikuti kegiatan Seminar Perekonomian Kerakyatan serta Lakmud (Latihan Kader Muda) Pimpinan Cabang APD-APPN kota Yogyakarta besok pada :

Hari/Tanggal
:
Jumat/08 Februari 2018
Pukul
:
08.00 – Selesai
Tempat
:
Auditorium UGM

Demikian surat tugas ini diperbuat, agar dipergunakan semestinya.

 

Bantul, 05 Februari 2018,

Yang Menugaskan,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bantul,

Abdul Effendi, M. Pd

Nah, demikian penjelasan mengenai surat tugas serta beberapa contoh surat tugas, semoga dapat menjadi bahan refrensi anda dalam pembuatan surat anda.

Contoh Surat Tugas

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x