32 C
Sidoarjo
BerandaViral TrendsViral! Karya Seni dari Pernyataan Mahfud MD soal Korban HAM Papua

Viral! Karya Seni dari Pernyataan Mahfud MD soal Korban HAM Papua

PortalSidoarjo.com – Karya seni yang dibuat berdasarkan pernyataan Mahfud MD tentang korban pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) Papua viral di media sosial. Henri Affandi ialah perupa asal Indonesia di balik karya seni tersebut.

Henri mengungkapkan ide karya seni ini berasal dari pernyataan Mahfud MD atas dokumen yang berisi nama 243 korban sipil yang tewas di Nduga sebagai sampah.

Pernyataan ini, lanjutnya mencerminkan pandangan negara terhadap orang Papua yang berkulit hitam, termasuk anak-anak yang bahkan tidak bertahan satu hari pun.

“Sayangnya, hal ini hanya satu dari banyak kasus lain yang nama korbannya tidak tercatat,” ujar Henri Affandi pada Jubi.co.id, Selasa (2/6/2020).

Instalasinya itu sudah dipamerkan di High Holborn, London, Inggris pada tanggal 29 Februari sampai 11 Maret dalam sebuah pameran berjudul “Paradise Island”.

“Pameran ini menceritakan kehidupan masyarakat Papua. Di balik pantai yang indah serta budaya yang kaya, masyarakat Papua ditindas serta tanah mereka dieksploitasi. Karena pandemic Covid-19 ini tidak memungkinkan saya untuk menunjukkan pameran secara fisik, saya sedang mencoba untuk membuat pameran digital,” kata Henri Affandi.

Pria yang tengah menempuh studinya di Wimbledon College of Arts, University of the Arts London memberi judul karyanya dengan “Sampah (Rubbish)”.

Henri memakai resi/struk sebagai material utama karya tersebut. Kertas resi/struk menggambarkan konsep pemberian ganti rugi.

Pihak yang bertanggung jawab atas kematian warga sipil yang terjebak dalam baku tembak seharusnya memberikan ganti rugi. Namun mencantum harga atas nyawa yang hilang seakan-akan memberikan implikasi bahwa pemerintah dapat menyelesaikan masalah tersebut hanya dengan memberikan sejumlah uang pada keluarga yang ditinggalkan.

Henri lantas mengganti angka ganti rugi tersebut dengan umur para korban. Ia ingin memberi pernyataan bahwa pemerintah telah merampas masa depan para korban.

Resi yang ada di karya “Sampah” tidak hanya berisi nama-nama korban Nduga. Tapi juga terdapat nama korban kekerasan di Papua mulai tahun 1960.

Karya seni dari pernyataan Mahfud MD soal korban HAM Papua (Instagram @henri.affandi)

“Karya tersebut akan terus berkembang, di mana saya akan menambah nama-nama korban yang selama ini belum diketahui serta belum didokumentasi,” ujar Henri.

Foto-foto karya instalasi “Sampah” ini diunggah Henri ke akun Instagram miliknya, @henri.affandi, Jumat (29/5/2020).

Dalam unggahannya itu, Henri memberikan hastag #BlackLivesMatter serta #Papualivematter.

“Orang-orang yang berkulit hitam, terlepas dari mereka berada di Minneapolis atau Jayapura, mengalami ketidakadilan yang sama,” kata Henri.

Lebih lanjut, Henri berpendapat bahwa demonstrasi yang terjadi di Amerika Serikat bukanlah konflik yang terisolasi karena fenomenanya ada di negara-negara lain.

“Untuk mengabaikan rakyat Papua serta mengatakan bahwa yang dialami mereka tidak ada korelasinya dengan gerakan BLM sama dengan meremehkan apa yang mereka telah serta sedang alami,” katanya.

Henri berharap karyanya dapat membuat orang-orang yang melihatnya bertanya-tanya apakah yang mereka ketahui (tentang Papua) ialah kebenaran atau buah dari propaganda.

“Berakar dari konsep-konsep politik and budaya, karya saya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan isu imperialisme budaya serta hak masyarakat adat,” jelasnya.

“Saya percaya bahwa sebagai senimal visual, saya bertanggung jawab untuk mendidik masyarakat luas melewati karya. serta saya sendiri mempunyai tanggung jawab untuk melawan penindasan terhadap masyarakat Papua, imbuh Henri.

Seniman asal Bandung ini ingin karyanya menjadi topik perbincangan serta membuat orang-orang berpikir secara independen. Sebab, karyanya berdasarkan riset serta pengumpulan fakta serta data.

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x