26 C
Sidoarjo
BerandaJatimPSBB Tahap III Sidoarjo, Maksimalkan Pemberdayaan Desa

PSBB Tahap III Sidoarjo, Maksimalkan Pemberdayaan Desa

Memasuki penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap III pada pandemi Covid-19, Selasa (26/5/2020) wilayah Kabupaten Sidoarjo dijadwalkan bakal memaksimalkan pemberdayaan desa.

“Secara nyata nantinya bakal dikurangi pemeriksaan di kawasan atau wilayah jalan-jalan besar, serta sebagai gantinya, desa-desa atau bahkan di tingkat kampung pemeriksaan atau check point bakal dilaksanakan lebih ketat. Karena intinya memaksimalkan pemberdayaan di desa-desa itu sendiri,” kata Nur Ahmad Syaifuddin Plt. Bupati Sidoarjo Setelah menggelar rapat koordinasi dengan Forkompimda wilayah setempat, Selasa (26/5/2020).

Lebih lanjut, Cak Nur sapaan Nur Ahmad Syaifuddin, menambahkan bahwa di desa-desa seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo, pengamanan dalam kaitannya dengan pemantauan serta pengecekan keluar masuk warga masyarakat bakal lebih ketat, dengan berbagai ketentuan atau persyaratan yang sudah dibuat sebelumnya.

“Kalau di desa-desa atau kampung itu sebelumnya dilakukan pengecekan atau check point hanya memantau masyatakat yang dari luar saat memasuki wilayah atau desa lainnya, maka pada pelaksanaan PSBB tahap III, yang memang berbasis pemberdayaan desa, bakal lebih ketat,” ujar Cak Nur saat dihubungi PortalSidoarjo.com.

Pengawasan serta pengecekan itu, kata Cak Nur juga dilakukan pada warga masyarakat yang bakal keluar atau bepergian keluar desa. “Jadi mereka yang bakal pergi atau keluar dari desa, wajib selain mengantongi surat keterangan juga harus jelas apa tujuannya. Ini yang bakal diperketat,” tegas Cak Nur.

Dari desa-desa yang ada, sambung Cak Nur bakal dibentuk Desa Tangguh yang nantinya di dalamnya juga bakal dilakukan berbagai edukasi pada warga masyarakat terkait dengan perkembangan kondisi pandemi Covid-19 maupun penerapan PSBB.

“Karena itu penting dilakukan. Ke depannya nanti, masing-masing warga masyarakat itu bisa saling mengingatkan, saling menjaga, serta saling mendukung. Karena di tingkat bawah sangat penting memahami kondisi saat ini, serta itu bagian dari pemberdayaan desa tersebut,” kata Cak Nur.

Cak Nur juga mengingatkan bahwa penerapan PSBB tahap III di wilayah Kabupaten Sidoarjo ini selain memaksimalkan pemberdayaan desa, tentu saja tetap melibatkan Polisi serta TNI.

“Kami tetap berkoordinasi dengan kawan-kawan Kepolisian serta TNI pada PSBB tahap III ini. serta di tingkat bawah bakal memaksimalkan Babinsa serta Babinkamtibmas,” pungkas Cak Nur.(tok/ipg)



Sumber

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x