29 C
Sidoarjo
BerandaTutorialCara Memperbaiki Kesalahan Membangun Koneksi Database di WordPress

Cara Memperbaiki Kesalahan Membangun Koneksi Database di WordPress

Apakah Anda melihat pemberitahuan ‘Galat membuat koneksi basis data ‘di situs web WordPress Anda? Ini ialah kesalahan fatal yang membuat situs web WordPress Anda tidak dapat diakses oleh pengguna.

Kesalahan ini terjadi ketika WordPress tidak dapat membuat koneksi ke database. Sejumlah hal dapat memengaruhi koneksi basis data WordPress Anda yang membuatnya agak sulit bagi pemula untuk memecahkan masalah.

Pada artikel ini, kami bakal menunjukkan pada Anda cara memperbaiki kesalahan dalam membuat koneksi database di WordPress.

Memperbaiki kesalahan koneksi database di WordPress

Apa Penyebab Kesalahan Membuat Koneksi Database di WordPress?

Masalah ‘Kesalahan dalam membuat koneksi basis data’ dapat disebabkan oleh informasi basis data yang salah dalam pengaturan WordPress Anda, database yang rusak, atau server database yang tidak responsif.

Kesalahan koneksi basis data di WordPress

Database ialah perangkat lunak yang memudahkan untuk menyimpan, mengatur, serta mengambil data ke perangkat lunak lain.

Sebagai sistem manajemen konten, WordPress menggunakan basis data untuk menyimpan semua konten Anda serta data situs web lainnya. Itu kemudian terhubung ke database setiap kali seseorang mengunjungi situs web Anda.

WordPress membutuhkan informasi berikut untuk menghubungkan ke database:

  • Nama basis data
  • Nama pengguna basis data
  • Kata sandi basis data
  • Server basis data

Informasi ini disimpan dalam file konfigurasi WordPress Anda yang disebut wp-config.php.

Jika salah satu dari item ini salah, WordPress bakal gagal terhubung ke server database Anda, serta Anda bakal melihat kesalahan ‘Galat membuat koneksi database’.

Ini ialah salah satu kesalahan WordPress yang paling umum. Terlepas dari kredensial yang salah, kesalahan ini juga dapat muncul jika server database turun, atau file database rusak.

Mari kita lihat bagaimana cara memperbaiki kesalahan dalam membuat masalah koneksi database di WordPress dengan pemecahan masalah langkah demi langkah.

1. Periksa Kredensial Basis Data WordPress Anda

Alasan paling umum untuk kesalahan koneksi database di WordPress ialah kredensial database yang salah. Jika Anda baru-baru ini memindahkan situs WordPress Anda ke host baru, maka ini mungkin alasan yang paling mungkin.

Kredensial basis data WordPress Anda disimpan dalam file wp-config.php. Ini ialah file konfigurasi WordPress yang berisi pengaturan WordPress penting termasuk informasi basis data.

Jika Anda belum mengedit file wp-config.php sebelumnya, lihat panduan kami tentang cara mengedit file wp-config.php di WordPress.

Anda bakal mencari baris berikut di file wp-config.php.

// ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define( 'DB_NAME', 'database_name_here' );
/** MySQL database username */
define( 'DB_USER', 'username_here' );
/** MySQL database password */
define( 'DB_PASSWORD', 'password_here' );
/** MySQL hostname */
define( 'DB_HOST', 'localhost' );

Anda perlu memastikan bahwa informasi untuk nama basis data, nama pengguna, kata sandi, serta host basis data sudah benar.

Anda dapat mengonfirmasi informasi ini dari dasbor akun hosting WordPress Anda. Cukup masuk ke akun hosting Anda serta klik pada database MySQL di bawah bagian database.

Informasi basis data

Ini bakal membawa Anda ke halaman manajemen database di dashboad hosting Anda. Dari sini, Anda dapat mengetahui nama basis data serta nama pengguna Anda.

Nama basis data dan nama pengguna

Di bawah ini Anda bakal menemukan pengguna basis data serta tautan untuk mengubah kata sandi pengguna.

Mengubah kata sandi pengguna basis data

Setelah Anda mengkonfirmasi nama database, nama pengguna, serta kata sandi Anda, Anda dapat mengubah informasi itu di file wp-config.php Anda jika diperlukan.

Setelah itu, coba kunjungi situs web Anda lagi untuk melihat apakah kesalahan koneksi database telah hilang.

Jika Anda masih dapat melihat kesalahan, maka ini berarti ada sesuatu yang salah. Lanjutkan membaca untuk langkah pemecahan masalah lebih lanjut.

2. Periksa Informasi Host Database Anda

Jika Anda yakin bahwa nama basis data, nama pengguna, serta informasi kata sandi Anda benar, maka Anda mungkin ingin memastikan bahwa Anda menggunakan informasi host basis data yang benar.

Sebagian besar perusahaan hosting WordPress menggunakan localhost sebagai host database Anda. Namun, beberapa perusahaan hosting WordPress yang dikelola menggunakan server terpisah untuk meng-host database. Dalam hal itu, informasi host database Anda tidak bakal menjadi localhost.

Anda perlu menghubungi perusahaan hosting WordPress Anda untuk mengonfirmasi informasi host basis data Anda.

3. Perbaiki Database WordPress

Jika Anda mendapatkan kesalahan berbeda di wp-admin, misalnya, sesuatu seperti “Satu atau lebih tabel database tidak tersedia. Basis data mungkin perlu diperbaiki ”, maka Anda perlu memperbaiki basis data Anda.

Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan baris berikut di file wp-config.php Anda. Pastikan untuk menambahkannya sebelum ‘Itu saja, berhenti mengedit! Selamat blogging baris wp-config.php.

define('WP_ALLOW_REPAIR', true);

Setelah melakukannya, Anda dapat melihat pengaturan dengan mengunjungi halaman ini: http://www.yoursite.com/wp-admin/maint/repair.php

Perbaiki database WordPress

catatan: pengguna tidak perlu login untuk mengakses halaman perbaikan basis data. Setelah Anda selesai memperbaiki serta mengoptimalkan database Anda, pastikan untuk menghapus kode ini dari wp-config.php Anda.

4. Periksa apakah Server Database Anda Down

Jika semuanya tampak benar, serta WordPress masih tidak dapat terhubung ke database, maka server database Anda (server MySQL) mungkin turun.

Ini bisa terjadi karena lalu lintas yang padat di server. Pada dasarnya, server host Anda tidak dapat menangani beban (terutama ketika Anda menggunakan hosting bersama).

Situs Anda bakal menjadi sangat lambat serta untuk beberapa pengguna bahkan dapat menghasilkan kesalahan. Jadi hal terbaik yang harus Anda lakukan ialah menelepon atau mengobrol langsung dengan penyedia hosting Anda serta tanyakan apakah server MySQL Anda responsif.

Jika Anda memiliki situs web lain yang berjalan di server yang sama, maka Anda dapat memeriksa situs-situs tersebut untuk mengonfirmasi bahwa server SQL Anda sedang down.

Jika Anda tidak memiliki situs lain di akun hosting yang sama, maka cukup buka dasbor hosting Anda serta coba akses phpMyAdmin serta hubungkan basis data.

Jika Anda dapat terhubung, maka kami perlu memverifikasi apakah pengguna basis data Anda memiliki izin yang memadai. Buat file baru bernama testconnection.php serta rekatkan kode berikut di dalamnya:

<?php
$link = mysqli_connect('localhost', 'username', 'password');
if (!$link) {
die('Could not connect: ' . mysqli_error());
}
echo 'Connected successfully';
mysqli_close($link);
?>

Pastikan untuk mengganti nama pengguna serta kata sandi. Anda sekarang dapat mengunggah file ini ke situs web Anda serta mengaksesnya melalui browser web.

Jika skrip terhubung dengan sukses, berarti pengguna Anda memiliki izin yang memadai, serta ada hal lain yang salah.

Kembali ke file wp-config Anda untuk memastikan semuanya sudah benar (pindai ulang kesalahan ketik).

Solusi Lain Yang Telah Berfungsi untuk Pengguna

Jika tip pemecahan masalah yang disebutkan di atas gagal memperbaiki kesalahan koneksi database di situs web Anda, maka Anda dapat mencoba langkah-langkah tambahan ini.

Dilaporkan oleh pengguna kami, langkah-langkah ini telah membantu beberapa pengguna menyelesaikan kesalahan koneksi database di situs web mereka.

1. Perbarui URL Situs WordPress

Coba perbarui URL situs WordPress menggunakan phpMyAdmin. Cukup akses phpMyAdmin dari dasbor akun hosting Anda, serta pilih database WordPress Anda.

Menjalankan SQL di phpMyAdmin

Setelah itu klik pada menu SQL di atas serta masukkan permintaan MySQL berikut.

UPDATE wp_options SET option_value='YOUR_SITE_URL' WHERE option_name='siteurl'

Jangan lupa untuk memberikan URL situs Anda sendiri serta ubah wp_options ke nama tabel Anda sendiri karena Anda mungkin telah mengubah awalan tabel WordPress.

2. Memulai Ulang Server Web

Pengguna di server khusus, server lokal, serta server pribadi virtual (VPS) dapat mencoba me-reboot server mereka.

Ini bakal memulai kembali web serta server basis data Anda yang mungkin memperbaiki beberapa gangguan sementara yang menyebabkan kesalahan.

3. Minta bantuan

Jika semuanya gagal, maka Anda mungkin perlu menghubungi perusahaan hosting web Anda. Semua perusahaan hosting WordPress yang baik bakal membantu Anda memecahkan masalah, mengarahkan Anda ke arah yang benar, atau bahkan memperbaikinya untuk Anda.

Anda juga dapat menyewa pengembang WordPress dari Codeable yang dapat membantu Anda memperbaiki masalah ini dengan harga yang wajar. Bagian terbaiknya ialah pengembang ini sangat diperiksa oleh tim Codeable, sehingga Anda tahu mereka bisa dipercaya.

Kami harap artikel ini membantu Anda memperbaiki kesalahan dalam membuat koneksi database di WordPress.

Sumber » wpbeginner

Komentar

1 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

1
0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x