32 C
Sidoarjo
BerandaJatimBMKG Karangkates: Gerhana Matahari adalah Momen Langka dan Jarang Terjadi.

BMKG Karangkates: Gerhana Matahari adalah Momen Langka dan Jarang Terjadi.

MALANG (Portal Sidoarjo) – Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatogi (BMKG) Karangkates, Kabupaten Malang, memastian momen Gerhana Matahari tahun ini adalah sesuatu yang langka dan jarang terjadi.

“Ini sesuatu yang langka. Kita menunggu sejak 33 tahun lalu. Dimana Gerhana Matahari terakhir kali terjadi di Indonesia sejak tahun 1983 lalu,” ungkap Musripan, Kepala BMKG Karangkates, Kabupaten Malang,Rabu (9/3/2016).

Setelah memindah seluruh alat teropong di Masjid Agung Baiturahman Kepanjen, proses detik-detik terjadinya Gerhana Matahari pun dilakukan observasi dari lantai tiga Masjid terbesar se Kabupaten Malang itu. Usai Salat Gerhana berlangsung, seluruh petugas BMKG dan Takmir Masjid Agung Baiturahman, berdiri diatas lantai 3 masjid tersebut.

Di tempat inilah, petugas bisa mengamati proses terjadinya Gerhana Matahari secara keseluruhan.Suasana langit yang cerah di wilayah Kepanje dan sekitarnya, membuat fenomena alam yang sangat langka ini, juga menjadi hiburan warga setempat.

Di wilayah Kepanjen dan Malang Raya secara umum, terjadi Gerhana Matahari sebesar 83 persen. Artinya, matahari tidak tertutup secara keseluruhan oleh bulan. Masih ada celah dan sinarnya. “Bulat matahari yang tertutup bulan ini hanya 83 persen saja. Ada sisa sedikit dari total keseluruhan,” bebernya. (udi/bj)

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x